UMM Institutional Repository

MOTIF TUMBLELOGGER DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TUMBLR Studi pada Anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang

Handoko, Agus Hadi (2012) MOTIF TUMBLELOGGER DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL TUMBLR Studi pada Anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agushadiha-30384-1-pendahul-n.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agushadiha-30384-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tumblr adalah salah satu media sosial yang berkembang di era komunikasi interaktif dewasa ini. Pada usianya yang belum genap 5 tahun, media sosial yang diciptakan oleh David Karp ini telah mengungguli platform blog popular seperti Wordpress.com dalam konteks jumlah penggunanya. Meskipun belum lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia, namun pertumbuhan penggunanya terus meningkat. Hal ini ditunjukkan semakin banyaknya pengguna Tumblr di Indonesia yang mendirikan komunitas-komunitas yang mewadahi pengguna Tumblr, salah satunya adalah Komunitas Tumblr User Kota Malang. Sehubungan dengan judul yang diambil, rumusan penelitian ini adalah apa saja motif pengguna yang menjadi anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang dalam menggunakan media sosial Tumblr yang selanjutnya motif tersebut akan dibagi dua menjadi motif ekstrinsik dan intrinsik sesuai dengan fokus penelitian. Sehingga tujuan peneliti adalah mengetahui dan menjelaskan motif-motif anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang dalam menggunakan media sosial Tumblr. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kegunaan dan Gratifikasi. Teori ini memberikan sebuah kerangka untuk memahami kapan dan bagaimana konsumen media individu menjadi lebih atau kurang aktif dan konsekuensi dari keterlibatan yang meningkat atau menurun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di Kota Malang dengan waktu pelaksanaan bulan Juli sampai selesai. Subyek penelitian yang dipilih berjumlah 9 pengguna Tumblr yang menjadi anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria: pengguna sudah memiliki dan menggunakan akun Tumblr minimal selama 3 bulan, pengguna Tumblr terdaftar sebagai member atau anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang, pengguna Tumblr yang menjadi anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang aktif meng-update akun miliknya minimal 1 hari dan maksimal 1 minggu sekali pada saat peneliti melakukan observasi terhadap akun Tumblr yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan motif-motif yang melatarbelakangi pengguna Tumblr yang menjadi anggota Komunitas Tumblr User Kota Malang. Peneliti menemukan motif ekstrinsik penggunaan Tumblr, antara lain; mengikuti teman-temannya yang terlebih dahulu menggunakan Tumblr; memenuhi pesanan tulisan atau karya lainnya dari orang lain; mendapatkan motivasi untuk terus berkarya dari orang lain, dan; mencari tahu penilaian orang lain terhadap karya yang dibuat dan dipublikasikan di Tumblr. Sedangkan motif intrinsik yang peneliti temukan adalah; mencari informasi yang bermanfaat dan berkualitas; mencari inspirasi untuk membuat karya; mencari hiburan; mengisi waktu luang dan melepas kejenuhan; media menulis dan menuangkan keluh kesah; mengasah kreatifitas; mempublikasikan karya-karya, serta; menambah relasi atau teman-teman baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:36
Last Modified: 28 Apr 2016 04:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28524

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo