UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI BERITA CALON GUBERNUR JOKOWI-AHOK PADA PILKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN KEDUA DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing Berita Jokowi-Ahok di detik.com dan okezone.com Tanggal 19-24 Juli 2012)

Rosowulan, Suci (2012) KONSTRUKSI BERITA CALON GUBERNUR JOKOWI-AHOK PADA PILKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN KEDUA DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing Berita Jokowi-Ahok di detik.com dan okezone.com Tanggal 19-24 Juli 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sucirosowu-30443-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sucirosowu-30443-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Berita mengenai Pilkada selalu menarik perhatian media. hadirnya pendatang baru yakni Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) juga telah menarik perhatian banyak media. Tidak terkecuali media massa online detik.com dan okezone.com yang selalu memberitakan sosok Jokowi-Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran kedua. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pemberitaan Jokowi-Ahok di media detik.com dan okezone.com. Rumusan masalahnya yakni bagaimana detik.com dan okezone.com mengonstruksi berita tentang Jokowi-Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran kedua, serta bagaimana perbandingannya. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana media massa online detik.com dan okezone.com mengonstruksi berita tentang Jokowi-Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2012 putaran kedua, serta ingin mengetahui perbandingannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing. Pada dasarnya metode ini ingin membedah cara atau ideologi media saat mengonstruksi fakta. Analisis ini mencermati strategi seleksi, penonjolan fakta ke dalam bentuk berita agar lebih bermakna, menarik dan lebih diingat untuk menggiring interpretasi khalayak sesuai perspektif media. Penelitian ini menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki yang merupakan modifikasi dari dimensi operasional wacana Van Dijk. Perangkat yang digunakan analisis framing adalah sintaksis, skrip, tematis, dan retoris. Jumlah berita yang dianalisis adalah 10 berita dengan rincian lima berita dari detik.com dan lima berita dari okezone.com. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan berita dari kedua media, kemudian dianalisis secara interpretatif oleh peneliti dengan menggunakan perangkat framing yang ada dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian dari dua media massa online ini berbeda. Hal ini tentunya berkaitan dengan ideologi, karakter, dan kepentingan masing-masing media. Frame detik.com dalam mengonstruksi sosok Jokowi-Ahok dalam berita-beritanya yakni tidak mencitrakan Jokowi-Ahok sebagai sosok yang luar biasa. Detik.com memaknai sosok Jokowi-Ahok sebagai orang yang biasa-biasa saja dan sosok yang bukan fenomenal. Sementara okezone.com mengonstruksi sosok Jokowi-Ahok sebagai sosok yang luar biasa, yakni dicitrakan sebagai figur yang jujur, rendah hati, dan tegas. Dengan kata lain, okezone.com mengonstruksi Jokowi-Ahok sebagai sosok pemimpin yang ideal. Meskipun berbeda, kedua media tersebut memiliki kesamaan yakni sama-sama tidak lugas. Pemakaian kata yang digunakan juga banyak yang tidak sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:21
Last Modified: 28 Apr 2016 04:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28512

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo