UMM Institutional Repository

PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Indriawanti, Risa (2013) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI KEMATIAN PADA LANSIA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risaindria-31547-1-pendahul-n.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Kecemasan adalah perasaan yang tidak menyenangkan dan menakutkan. Kecemasan akan kematian dapat berkaitan dengan datangnya kematian itu sendiri. Di usia tua, kecemasan kematian seseorang lebih sering dialami karena usia tua merupakan fase perkembangan yang terakhir. Kecemasan lansia menghadapi kematian merupakan suatu keadaan yang tidak nyaman, tidak menyenangkan akibat adanya situasi yang mengancam, dimana subjek mengalami kekhawatiran dan ketakutan terhadap kematian yang ditandai dengan munculnya suatu gejala tertentu yaitu meliputi berubahnya suasana hati, pikiran, motivasi,perilaku, dan gejala biologis. Lansia pria dan lansia wanita memiliki kecemasan kematian yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecemasan menghadapi kematian antara lansia pria dan lansia wanita. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan skala kecemasan menghadapai kematian lansia yang disebarkan kepada subjek lansia dengan rentang usia 60-80 tahun yang berjenis kelamin pria dan wanita sebanyak 80 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kecemasan menghadapi kematian yang sangat signifikan antara lansia pria dan lansia wanita dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01), dimana kecemasan menghadapi kematian pada lansia wanita lebih tinggi daripada lansia pria.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:36
Last Modified: 28 Apr 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo