UMM Institutional Repository

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HOSPITAL CARE DAN HOME CARE TERHADAP MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT KANJURUHAN KEPANJEN DAN HOME CARE ADONARA MEDICA MALANG

WAHYUDI, ROSELYA AYU SEPTI (2013) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN HOSPITAL CARE DAN HOME CARE TERHADAP MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT KANJURUHAN KEPANJEN DAN HOME CARE ADONARA MEDICA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roselyaayu-32936-1-pendahul-n.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-roselyaayu-32936-2-bab1.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan merupakan kelegaan seseorang dikarenakan mengkonsumsi suatu produk atau jasa untuk mendapatkan pelayanan suatu jasa. Kondisi masyarakat yang semakin kritis terhadap mutu pelayanan menjadi pemicu bagi profesi kesehatan untuk meningkatkan pelayanannya. Pasien yang puas merupakan aset yang sangat berharga karena apabila pasien puas mereka akan terus melakukan pemakaian terhadap jasa pilihannya Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel 77 pasien yang terdiri dari 46 pasien hospital care dan 31 pasien home care. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Analisa data menggunakan Analisis statistik deskriptif. Hasil : Pasien Hospital care yang puas sebanyak 43,5% dan tidak puas sebanyak 56,5%. Pasien Home Care yang puas sebanyak 74,2% dan tidak puas sebanyak 25,8%. Dari hasil penelitian di dapatkan nilai t hitung sebesar 2,775 dengan signifikansi sebesar 0,007. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,775 > 1,992) dan nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kepuasan pasien hospital care dan home care terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Kanjuruhan Kepanjen dan Home Care Adonara Medica Malang. Jika peran perawat sebagai care giver dan management pelayanan kesehatan tidak disamakan dan diperbaiki maka masyarakat akan lebih memilih pelayanan yang menurut mereka baik dan hal tersebut akan berdampak buruk pada instansi kesehatan yang terkait. Kata Kunci : perbedaan kepuasan, hospital care, home care

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:23
Last Modified: 28 Apr 2016 03:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28458

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo