UMM Institutional Repository

TIPE PRODUK SOSIAL SEBAGAI PESAN KOMUNIKASI DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN SADAR LINGKUNGAN ( Studi pada Komunitas Earth Hour Malang )

FITRIAGI, BUDI (2012) TIPE PRODUK SOSIAL SEBAGAI PESAN KOMUNIKASI DALAM PENYELENGGARAAN KEGIATAN SADAR LINGKUNGAN ( Studi pada Komunitas Earth Hour Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budifitria-30494-1-pendahul-n.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-budifitria-30494-2-babi.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Konsumsi energi listrik yang tinggi mengakibatkan emisi karbon dioksida yang dihasilkan pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan kontribusinya kepada perubahan iklim. Kota Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur dengan konsumsi listrik yang besar pula. Fenomena yang telah terjadi dimasyarakat, menarik perhatian komunitas Earth hour yang peduli akan lingkungan untuk kelangsungan hidup selanjutnya terutama generasi-generasi penerus. Orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama, berkumpul untuk bersama menyelamatkan bumi dari ancaman efek rumah kaca. Berdasar latar belakang itu, maka rumusan masalah ini bagaimana tipe produk sosial sebagai pesan komunikasi dalam penyelenggaraan kegiatan lingkungan yang dilakukan komunitas earth hour sampai pada masyarakat, dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tipe produk sosial. Teori difusi inovasi menggambarkan bahwa bagaimana suatu inovasi disampaikan melalui saluran komunikasi tertentu kepada sekelompok orang yang menjadi target komunikan. Pada pelaksanaannya upaya difusi inovasi digunakan untuk menyampaikan program-program sosial, seperti program Earth hour. Menurut teori ini suatu inovasi yang berbentuk ide, gagasan, atau produk akan menimbulkan keingin tahuan masyarakat untuk mengetahuinya. Dalam penyebaran ide diperlukan waktu yang cukup lama karena ini menyangkut sebuah perubahan dari suatu kelompok atau komunitas. Hal ini juga tergantung pada masyarakat sebagai target adopter yang mampu dan mau menerima atau tidak inovasi tersebut kembali pada masyarakat. Tujuan utama dari difusi inovasi adalah diadopsinya suatu inovasi (ilmu pengetahuan, tekhnologi, bidang pengembangan masyarakat) oleh anggota sistem sosial tertentu atau masyarakat. Tipe penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstruktur, serta dokumentasi. Teknik analisi data yang dilakukan pertama dengan mereduksi data, menyajikan data dan terakhir dengan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Malang pada bulan Juni 2012 sampai data yang dibutuhkan dirasa cukup. Sedangkan penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori difusi inovasi berkesinambungan dengan konsep social marketing. Dalam ranah komunikasi teori difusi inovasi mencakup unsur-unsur dari komunikasi seperti komunikator, pesan, media, komunikan dan efek dimana semua unsur ditemukan dalam hasil penelitian. Kampanye Earth hour termasuk dalam social marketing karena memiliki unsur 6P terdiri dari produk, price, place, promotion, power, partnership. Produk dalam social marketing berupa kampanye, dan produk terbagi menjadi tiga tipe produk sosial terdiri dar ide, praktek dan produk nyata. Pada penelitian ini ditemukan bahwa tipe produk sosial marketing kampanye earth hour hanya meliputi ide dan praktek. Hal ini dikarenakan social produk ditawarkan bukan berupa produk nyata. Earth hour merupakan ide, dalam hal ini tertuang pada sebuah gagasan mematikan lampu untuk menghemat energi minimal satu jam. Praktek yang digunakan untuk menerapkan gagasan tersebut melalui aksi mematikan lampu serentak selama satu jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:58
Last Modified: 28 Apr 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28435

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo