UMM Institutional Repository

OPINI PENGENDARA MENGENAI PESAN KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI MEDIA LUAR RUANG Studi Pada Anggota Yamaha Vixion Club Indonesia Malang Chapter

Fajarwati, Ramadana (2012) OPINI PENGENDARA MENGENAI PESAN KAMPANYE SAFETY RIDING MELALUI MEDIA LUAR RUANG Studi Pada Anggota Yamaha Vixion Club Indonesia Malang Chapter. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramadanafa-30497-1-pendahul-n.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ramadanafa-30497-2-babi.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas mendorong pemerintah untuk mengeluarkan aturan baru. Adanya permasalahan tersebut mendorong Instansi kepolisian untuk mengadakan program nasional, yang kemudian dikenal dengan istilah safety riding. safety riding ini disampaikan melalui kampanye, adapun tujuan dari safety riding ini adalah untuk membangun kebiasaan berkendaraan secara aman dan mengurangi angka kecelakaan lalulintas. Demi terwujudnya tujuan dari kampanye diperlukan suatu strategi komunikasi yang tepat untuk menyampaikan himbauan tersebut, baik secara interpersonal maupun dengan bantuan media. Dalam penerapannya kepolisian menggunakan media luar ruang sebagai alat transmisi pesan safety riding. Salah satu kelemahan media ini adalah merupakan media sepintas lalu, dibutuhkan waktu hanya dalam hitungan detik untuk membaca hingga pada akhirnya sebuah pesan ditangkap oleh target sasaran. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik meneliti bagaimana opini pengendara mengenai pesan kampanye safety riding yang ditangkap melalui media luar ruang. Dalam opini terdapat beberapa proses dimulai dengan individu memiliki perhatian terhadap suatu objek hingga subjek menginterpretasikan apa yang dilihat berdasarkan inderanya. Perhatian tersebut dapat dilihat dari subjek mengetahui keberadaan media luar ruang yang berisi tentang safety riding. Sedangkan interpretasi akan dimunculkan dalam bentuk berbagai pendapat atas penggunaan media tersebut hingga pesan-pesan safety riding. Safety riding disini memiliki arti sebagai konsep dasar kampanye simpatik yang bersifat edukasi untuk berkendaraan secara aman. Adapun cakupan safety riding menjadi luas karena dalam penerapan seharusnya tidak hanya mempertimbangkan kelengkapan kendaraan tetapi juga berhubungan dengan etika pengendara disertai perlengkapan berkendaraan. Sehingga penelitian ini difokuskan pada opini mengenai penggunaan media luar ruang sebagai media kampanye serta pesan kampanye safety riding seperti penggunaan helm, larangan penggunaan telepon genggam, hingga penggunaan lampu utama yang didapat pengendara melalui media luar ruang. Untuk mendeskripsikan bagaimana opini pengendara mengenai pesan kampanye safety riding yang didapat melalui media luar ruang, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, documenter, dan observasi tidak terstruktur. Untuk teknik analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman, analisa data model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, pengelolaan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, opini mengenai penggunaan media sebagai sarana transmisi pesan mengundang pendapat positif dan negatif dari target sasarannya. Penggunaan media luar ruang yang kurang tepat dalam pemilihan jenis dan lokasi dinilai mengganggu pengendara saat membaca isi pesannya. Namun sebagian lain berpendapat bahwa penggunaan media tersebut tidak menimbulkan masalah asalkan isi dari pesan tersebut bermanfaat bagi pengendara secara umum. Sementara itu, opini pengendara mengenai pesan kampanye safety riding yang diperoleh melalui media luar ruang menuai kontroversi. Dalam penggunaan helm misalnya, konsep standar yang didapat pengendara tidak selalu sama dengan apa yang disampaikan melalui media luar ruang tersebut. Sedangkan, larangan atas penggunaan ponsel saat berkendara yang didapat melalui media luar ruang didukung oleh pengendara karena selain mengganggu konsentrasi, hal tersebut juga telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:49
Last Modified: 28 Apr 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo