UMM Institutional Repository

PENGARUH TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. Kawan Setia Pramesti cabang Lumajang)

Noviyani, Dwi (2012) PENGARUH TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. Kawan Setia Pramesti cabang Lumajang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwinoviyan-30500-1-pendahul-n.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwinoviyan-30500-2-babi.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Perusahaan adalah sebuah organisasi bisnis yang memiliki pesaing. Untuk menghadapi persaingan, perusahaan harus memiliki karyawan dengan kinerja yang baik. Kinerja dapat dibentuk dengan adanya hubungan baik antara pimpinan dengan karyawan. Hubungan baik antara pimpinan dan karyawan dapat terbentuk dengan adanya komunikasi. Dalam ilmu komunikasi, kita mengenal adanya komunikasi persuasif, yaitu komunikasi yang bersifat mempengaruhi komunikan, sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Dengan penerapan teknik komunikasi persuasif diharapkan pimpinan akan mampu mempengarui karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara teknik komunikasi persuasif pimpinan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif dan dasar penelitian survey. Penelitian dilakukan di PT. Kawan Setia Pramesti Cabang Lumajang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Kawan Setia Pramesti Cabang Lumajang yang berjumlah 95 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan adalah uji F untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh. Uji koefisien determinasi untuk mengukur besarnya pengaruh. Dan untuk mengatahui arah pengaruhnya menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan hasil Fhitung lebih besar daripada Ftabel (70,297˃3,94). Dengan demikian menghasilkan keputusan Ho ditolak dan Hi diterima. Hi menyatakan ada pengaruh signifikan antara teknik komunikasi persuasif pimpinan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 43% menunjukkan tingkat pengaruh yang sedang. Dan dari hasil perhitungan regresi dapat disusun model regresi Y=9,31+0,601X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik komunikasi persuasif pimpinan memiliki tingkat pengaruh sedang terhadap kinerja karyawan. Pengaruh faktor lain selain teknik komunikasi persuasif pimpinan sebesar 57%. Faktor lain yang dimaksud dapat berupa iklim kerja, budaya organisasi, gaya kepemimpinan, masa kerja, kompensasi, beban kerja, pendidikan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:46
Last Modified: 28 Apr 2016 02:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo