UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI SOCIAL MARKETING AIESEC DALAM EVENT PBOX HIV-AIDS STOP AIDS 2011 (Studi Pada Local Commite Universitas Brawijaya Malang)

Damayanti, Ayu (2012) STRATEGI KOMUNIKASI SOCIAL MARKETING AIESEC DALAM EVENT PBOX HIV-AIDS STOP AIDS 2011 (Studi Pada Local Commite Universitas Brawijaya Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayudamayan-30502-1-pendahul-n.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayudamayan-30502-2-bab1.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

HIV/AIDS adalah momok bagi dunia kesehatan di seluruh dunia. Selain belum adanya obat yang dapat menyembuhkannya, penyakit ini sangat cepat menular khususnya kepada generasi muda. Arus globalisasi yang semakin kuat, menyebabkan generasi muda kita harus dapat lebih selektif dalam menyaring pengaruh luar yang tidak baik. Salah satu dampak kuatnya pengaruh luar yang tidak baik adalah pergaulan bebas dan narkoba. Kedua hal ini dapat memicu timbul dan menularnya virus HIV/AIDS. Kunci penanggulangan HIV/AIDS adalah pendidikan bagi generasi muda. Salah satu usaha AIESEC untuk membantu misi negara dalam mewujudkan generasi muda yang sehat dan berkualitas, adalah dengan menyelenggarakan PBoX HIV-AIDS Stop AIDS 2011 ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Social Marketing AIESEC dalam event PBOX HIV-AIDS STOP AIDS 2011. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pantia AISEC dalam event PBOX HIV-AIDS, selanjutnya diambil 2orang sebagai informan penelitian dengan teknik proposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan intepretasi yang tepat. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi komunikasi social marketing AIESEC dalam event PBOX HIV-AIDS STOP AIDS 2011 adalah pemilihan metode yang digunakan diantaranya agent of change, penyampaian pesan melalui slide show, pemberian materi oleh para pakar dan juga penggunaan media paper sebagai hasil dari diskusi kelompok. Pemilihan pesan yang disampaikan disesuaikan dengan budaya, dan usia audiens. Pemilihan metode dimaksudkan agar pesan bisa sampai dengan maksimal kepada audiens. Kelanjutan dari agent of change adalah mereka bisa ikut menekan pertumbuhan AIDS di Indonesia dan menyampaikan pesan-pesan sosial kepada teman-temannya agar tidak menjahui ODHA tetapi virus HIV AIDS itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:43
Last Modified: 28 Apr 2016 02:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo