UMM Institutional Repository

ANALISIS TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PADA FILM (STUDY PADA FILM REAL LOVE KARYA OLGA LYDIA)

Chanra, (2012) ANALISIS TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PADA FILM (STUDY PADA FILM REAL LOVE KARYA OLGA LYDIA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chanra0822-30509-1-pendahul-n.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chanra0822-30509-2-babi.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Film yang berjudul Real Love karya Olga Lydia, berdurasi 11 menit 15 detik. Film yang merupakan karya indie yang diikut sertakan pada LA Lighat Indie Movie, pada dasarnya tidak hadir semata – mata jalan cerita serta adegan yang monoton. Teknik pengambilan gambar tidak diambil secara asal – asalan. Semua terkonsep rapi mengikuti alur cerita dan adegan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengungkap Seberapa sering frekuensi teknik pengambilan gambar dan Apa makna teknik pengambilan gambar yang paling sering digunakan pada film Real Love karya Olga Lydia. Fokus penelitian disini pada bagaimana makna yang terkandung dari tiap-tiap teknik pengambilan gambar yang berbeda dalam adegan-adegan di film Real Love, dalam artian teknik pengambilan gambar tidak semata – mata untuk memenuhi syarat pembuatan film saja, namun teknik pengambilan gambar merupakan suatu peranan penting dalam mendukung adegan maupun jalan cerita pada suatu film, lalu peneliti akan mencari frekuensi tertinggi dari ukuran gambar, sudut pengambilan gambar dan pergerakan kamera, dimana pemaknaan tanda – tanda dari teknik pengambilan gambar yang memiliki arti akan diteliti khususnya pada sistem simbol dan tanda non verbal dari Roland Barthes. Penelitian ini membongkar bagaimana teknik pengambilan gambar pada adegan itu berperan dan bekerja terlepas dari interventasi dari sang sutradara. Pada dasarnya sang sutradara menyajikan film tentunya telah paham teknik pengambilan gambar yang cocok untuk tiap shotnya baik secara alur cerita, ekspresi pemain, setting waktu dan tempat, serta simbol – simbol dari pemain maupun properti yang ada disekitar pemain. Namun sering kali penonton tidak menghiraukan hal – hal detil tersebut. Disinilah terjadi beracam – macam penafsiran. Dalam film yang dibongkar, akan terdapat wacana baru yang menjadi ciri khas dari tanda itu sendiri. Pada metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yaitu penggabungan antara analisis ini dengan semiotik. Dari hasil penelitian mengambil latar tempat diatas sebuah gedung tinggi, menceritakan dua orang lelaki yang memiliki kepribadian sangat berbeda yaitu Rafly dan Agha dan mereka bersahabat sejak kecil, Rafly adalah pria yang berpenampilan rapi dan sangat kaku dan Agha berpenampilan trendy, gaul dan nakal. Persahabatan mereka terganggu ketika Rafly dan Agha sama-sama mencintai sahabat mereka Keyshia. Rafly dan Agha pun saling berdebat memperebutkan siapa yang nantinya yang akan menjaga Keyshia. Dengan tampang keyshia yang tampk frustasi karena bosan mendengar perdebatan mereka. Dengan penuh amarah Keyshia melarang Rafly dan Agha mendekat padanya. Rafly dan Agha saling mengancam untuk menghapus masing-masing dari memori mereka. Untuk pembuktian, Rafly dan Agha melompat dari atas gedung tinggi, disaksikan oleh Keyshia. Namun kebenaran terungkap, tidak ada mayat Rafly dan Agha di bawah. Hanya imajinasi belaka Keyshia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:41
Last Modified: 28 Apr 2016 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28415

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo