UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI PERSUASI MELALUI JILBAB SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Komunitas Hijabers Malang)

Kusumaningtyas, Anindhita Rustiyan (2012) KOMUNIKASI PERSUASI MELALUI JILBAB SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Komunitas Hijabers Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anindhitar-30510-1-pendahul-n.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anindhitar-30510-2-babi.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari maraknya tren busana Muslim dan jilbab serta Hijabers Community di beberapa daerah. Hal ini dipelopori oleh para anggota Hijabers Community Jakarta yang mayoritas adalah desainer busana Muslim atau wanita-wanita muda penyuka fashion. Peneliti melihat bahwa penggunaan jilbab dengan cara yang berbeda dapat membuat orang tertarik dan mau untuk berjilbab. Hal ini merupakan sebuah peristiwa dakwah, dengan memberi contoh nyata menggunakan jilbab dalam keseharian. Komunitas Hijabers ternyata juga terdapat di Malang. Mereka menggunakan jilbab modifikasi yang kreatif dan menarik untuk mempersuasi atau membujuk masyarakat yang belum berjilbab menjadi mau berjilbab. Untuk itu dilakukan penelitian pada komunitas Hijabers Malang untuk mengkaji komunikasi persuasi yang dilakukan oleh Hijabers Malang melalui jilbab modifikasi yang mereka gunakan sehari-hari. Persuasi adalah penggunaan komunikasi untuk memperkuat, mengubah atau memodifikasi perilaku, nilai, kepercayaan atau tindakan audiens (Morreale dan Barge). Persuasi merupakan salah satu metode komunikasi yang sering dilakukan dalam berdakwah, karena berdakwah adalah kegiatan mengajak dan membujuk masyarakat untuk melakukan kebaikan di jalan Allah SWT. Berdakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti ceramah, menulis artikel dakwah di media massa, atau dengan memberikan bukti nyata. Termasuk dalam mendakwahkan tentang berjilbab. Komunikator menggunakan jilbab dalam kesehariannya untuk memberi contoh nyata dan mempersuasi masyarakat yang belum berjilbab agar mau berjilbab. Melalui strategi penelitian kualitatif – deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara semiterstruktur, observasi dan dokumentasi, maka data yang diperoleh dianalisis menggunakan Teori Persuasi menurut Raymond S. Ross, Teori Belajar dan Teori Belajar Sosial. Informan berjumlah 4 (empat) orang yang berupa anggota committee Hijabers Malang. Hasil penelitian pada anggota komunitas Hijabers Malang ditemukan bahwa mereka menyampaikan pesan bahwa berjilbab tidak membatasi wanita Muslimah untuk tetap bisa cantik dan tetap sukses berkarir. Mereka memodifikasi jilbab dan mengadakan tutorial jilbab sebagai stimulus untuk menarik minat masyarakat dan mengadakan kegiatan keagamaan berupa tausiyah, charity dan mengaji untuk meyakinkan masyarakat tentang kewajiban berjilbab. Berdasarkan respon masyarakat melalui media sosial yang digunakan oleh Hijabers Malang bahwa cara mereka mendakwahkan dengan jilbab tersebut diterima dan mendapat respon yang baik dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:38
Last Modified: 28 Apr 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28412

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo