UMM Institutional Repository

STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MEMBANGUN CITY BRANDING KOTA WISATA BATU Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu

Kartikasari, Tri Utami (2012) STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MEMBANGUN CITY BRANDING KOTA WISATA BATU Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triutamika-30580-1-pendahul-n.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triutamika-30580-2-babi.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas fenomena munculnya pemberian merek pada daerah-daerah pasca era otonomi yang dikenal dengan konsep city branding. Pemberian merek diibaratkan pemberian suatu identitas terhadap suatu kota berdasarkan citra yang sengaja dibangun kepada khalayak. Kota Batu merupakan salah satu kota yang mengadopsi konsep ini dengan brand Kota Wisata Batu. Hal ini didasarkan pada potensi di sektor pariwisata yang menjadi produk unggulan di kota Batu. Suatu merek agar mendapat respon dan perhatian dari target sasaran maka diperlukan adanya komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi integrated marketing communication yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu dalam rangka membangun city branding Kota Wisata Batu serta menjabarkan faktor-faktor yang menghambat dan mendorong pelaksanaan strategi tersebut. Dalammendeskripsikanstrategi yang dilakukan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penentuan subyek penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, lalu pengumpulan data-data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan model interaktif sebagaimana yang diajukan oleh Miles dan Huberman. Setelah penelitian dilakukan, didapatkan hasil bahwa city branding Kota Wisata Batu memiliki elemen identitas yaitu nama dan tervisualisasi melalui logo. Langkah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu antara lain penentuan segmentasi sasaran, menentukan tujuan dan bentuk bauran komunikasi pemasaran, menentukan isi pesan dan penentuan media, selanjutnya baru mengimplementasikan strategi tersebut, serta terakhir melakukan evaluasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yangdilakukanolehDinasPariwisatadanKebudayaan Kota WisataBatuberjalansecaraterintegrasi. Dikatakan demikian karena strategi ini menggunakan beberapa bauran komunikasi untuk menyampaikan satu pesan yang sama yaitu keberadaan Kota Batu sebagai kota wisata. Namun pelaksanaanya belum secara maksimal, jika dilihat dari saluran komunikasi yaitu media publikasi dan promosi yang digunakan kurang bisa menjangkau seluruh segmentasi. Media website juga kontennya kurang updatemisalnya pada bagian kalender even kegiatan. Dari penelitian ini penulis merekomendasikan agar dinas tersebut melakukan identifikasi segmentasi pasar lebih spesifik untuk memudahkan penentuan strategi, selain itu saluran penyampaian pesan dipertimbangkan lebih lanjut dan memilih media yang paling tepat agar bisa diterima dan mendapat respon dari target audience.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:15
Last Modified: 28 Apr 2016 02:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo