UMM Institutional Repository

MAKNA NASIONALISME DALAM TAYANGAN KOMPETISI FILM DOKUMENTER (Studi Resepsi Tentang Eagle Awards Competition Metro TV pada Para Sineas Universitas Muhammadiyah Malang)

Ardhiana, Jatra Merie (2012) MAKNA NASIONALISME DALAM TAYANGAN KOMPETISI FILM DOKUMENTER (Studi Resepsi Tentang Eagle Awards Competition Metro TV pada Para Sineas Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jatramerie-30581-1-pendahul-n.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jatramerie-30581-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Eagle Awards Competition menjadi program alternatif bagi para sineas tanah air yang ingin memperkaya keilmuan tentang proses produksi dalam film dokumenter. Program dengan tema besar nasionalisme tersebut mempunyai banyak penilaian dari khalayak karena program tersebut disiarkan oleh stasiun televisi swasta yang komersil.Dalam penelitian studi resepsi menempatkan audien sebagai pemproduksi makna aktif dan tidak semata pasif namun dilihat sebagai agen kultural (cultural agent) yang memiliki kuasa tersendiri dalam hal menghasilkan makna dari berbagai wacana yang ditawarkan media. Untuk itulah peneliti kemudian ingin mengetahui bagaimana khalayak memaknai fenomena tersebut. Pendekatan analisis studi resepsi yang dipilih oleh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif-interpretatif dengan khalayak sebagai instrumen kunci dan peneliti hanya mengiterpretasikan pemaknaaan yang dibuat oleh khalayak terhadap teks media yang diteliti berdasarkan latar belakang dan pengalaman khalayak sebelumnya. Khalayak yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang keseluruhannya adalah sineas dari Universitas Muhammadiyah Malang dan pernah mengikuti kompetisi film sebelumnya. Informan yang dipilih juga pernah menyaksikan program tayangan televise yang menjadi objek dalam penelitian yang dilakukan. Berdasalakan hasil analisis terbukti bahwa, khlayak tidak semata-mata pasif dalam menerima dan memberikan makna atas hadirnya program tayangan atau teks media yang telah disajikan sebelumnya oleh media yang berhubungan dengan nasionalisme . Beberapa informan yang terlibat bahkan cenderung lebih aktif dalam memberikan pemaknaan atas hadirnya sebuah program tayangan yang menjadi objek dalam penelitian yang dilakukan. Khalayak yang berada pada posisi dominan umumnya belum pernah membuat film dokumenter dan memiliki kedekatan dengan peserta dari program yang diteliti sehingga faktor kedekatan tersebut menjadi salah satu alas an mengapa informan menjadi dominan atau pasif pada pemaknaan teks media. Khalayak yang berada pada posisi dinegosiasi dikarenakan informan tersebut sudah memiliki pengalam dalam membuat film dokumenter dan mendapat pengaruh dari program lain yang juga dikonsumsinya. Yang terakhir adalah khalayak yang ada dalam posisi pembaca oposisi beranggapan sangat berlawanan dengan yang telah ditawarkan oleh media karena, informan sebelumnya sering mengadakan event berupa festifal film dan banyak menemui sineas-sineas yang banyak berkontribusi pada pola pikirnya dan juga pengalamannya dalam mengkritisi sebuah program dengan konteks yang sama yaitu kompetisi film. Karena khalayak yang diteliti oleh peneliti memiliki latar belakang yang berbeda satu sama lain sehingga pasti mereka juga memiliki pemilikiran atau pemaknaan berbeda pula pada teks yang sudah disajikan oleh sebuah media. Sehingga penelitian ini dianggap berhasil membuktikan bahwa khalayak memang tidak semata pasif dalam memproduksi makna yang telah disodorkan oleh teks media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:12
Last Modified: 28 Apr 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28383

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo