UMM Institutional Repository

PAKAIAN FASHIONABLE SEBAGAI REPRESENTASI IDENTITAS DIRI REMAJA PEREMPUAN MODERN (Analisis Semiotik dalam Film Bratz)

ROSIKHOH, ATIK (2013) PAKAIAN FASHIONABLE SEBAGAI REPRESENTASI IDENTITAS DIRI REMAJA PEREMPUAN MODERN (Analisis Semiotik dalam Film Bratz). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikrosikh-30589-1-pendahul-n.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikrosikh-30589-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Pakaian dan fashion sudah menjadi bagian terpenting dari gaya, trend dan penampilan keseharian kita saat ini. Pada hari-hari ini perkembangan fashion, model pakaian, rancangan pakaian, gaya kostum di berbagai daerah mencapai titik yang mengesankan. Disekitar jalan-jalan dihiasi dengan iklan yang menawarkan model pakaian terkini, mall dan pusat perbelanjaan dipenuhi dengan display model mutakhir, etalase toko, outlet dan butik dipajang busana dengan corak, warna, dan model yang sengaja dirancang untuk merangsang cita rasa dan memikat perhatian segmen konsumen. Dalam hal ini banyak sekali fungsi pakaian untuk kaum perempuan. Pakaian fashionable memiliki andil yang besar dalam penciptaan representasi terhadap identitas diri remaja perempuan modern. Bratz adalah salah satu film yang menunjukkan representasi identitas diri remaja perempuan melalui pakaian yang dikenakannya. Hal inilah yang menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap film Batz ini. Berdasarkan pertimbangan itulah penulis meneliti bagaimana pakaian fashionable sebagai representasi identitas diri remaja perempuan modern?. Sehingga dengan itu penulis dapat mengetahui dan mengidentifikasi tanda-tanda tentang pakaian fashionable sebagai representasi identitas diri remaja perempuan modern yang ada di dalam film tersebut. Landasan teori yang digunakan oleh penulis untuk meneliti film Bratz adalah Teori Modernisasi. Teori tersebut membentuk asumsi tentang perubahan bersifat revolusioner yaitu perubahan cepat dari tradisional ke modern. Pakaian-pakaian yang dikenakan oleh remaja perempuan dalam film Bratz ini sudah tidak lagi jenis pakaian yang tradisional melainkan model pakaian yang sudah modern. Modern berarti kemajuan yang rasional dalam segala bidang termasuk pakaian. Dalam hal ini diwujudkan dalam sebuah konsep tentang pakaian yang fashionable dan identitas diri remaja perempuan modern, kemudian dibentuk melalui tanda, symbol dan mitos yang diwujudkan dalam film. Film tersebut dianalisis menggunakan pisau semiotik dan Teori Modernisasi, sehingga menghasilkan suatu pemahaman adanya pakaian fashionable sebagai representasi identitas diri remaja perempuan modern. Dalam melakukan pemaknaan sebuah film, diperlukan sebuah metode penelitian yang sesuai agar nantinya dapat mengungkap makna yang tersembunyi dibalik tanda-tanda yang ada dalam film. Maka dari itulah penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat interpretatif dengan analisis secara semiotik. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Roland Barthes dengan melakukan pendekatan signifikansi dua tahap, yaitu tahap denotatif dan konotatif terhadap film yang diteliti. Terdapat beberapa scene yang diteliti, yang diteliti adalah scene yang mengandung unsur makna pakaian dari segi visual. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh penulis memperoleh kesimpulan bahwa pakaian dapat digunakan untuk merepresentasikan identitas diri perempuan. Pakaian memang dipandang sebagai fenomena komunikatif dan fungsional untuk menggambarka identitas diri. Pakaian dapat memiliki beberapa fungsi untuk menggambarkan identitas diri remaja perempuan diantaranya pakaian dapat digunakan untuk menggambarkan ekspresi individualistic, menunjukkan status social dan status ekonomi seseorang Pakaian juga berfungsi untuk menunjukkan tentang gaya hidup remaja dan dapat mendefinisikan peran seseorang. Seperti halnya di dalam film Bratz yang mencoba merepresentasikan perempuan sebagai sosok yang anggun, feminine, konsumeris dan materialistic, serta perempuan tersebut berasal dari status social dan status ekonomi menengah ke atas yang dapat ditunjukkan melalui pakaian yang dikenakannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Apr 2016 02:09
Last Modified: 28 Apr 2016 02:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28378

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo