UMM Institutional Repository

Pemberitaan Media Tentang Angelina Sondakh sebagai Tersangka Kasus Korupsi Wisma Atlet (Analisis Framing pada Harian Kompas dan Jawa Pos edisi 4 Februari -28 April 2012)

Fitriani, Nurul (2013) Pemberitaan Media Tentang Angelina Sondakh sebagai Tersangka Kasus Korupsi Wisma Atlet (Analisis Framing pada Harian Kompas dan Jawa Pos edisi 4 Februari -28 April 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulfitri-30640-1-pendahul-n.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulfitri-30640-2-babi.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kasus korupsi wisma atlet SEA Games di Palembang yang menyeret nama Angelina Sondakh sebagai tersangka. Alasan peneliti memilih pemberitaan ini karena kasus Angelina Sondakh ini menjadi sorotan berbagai media massa. Pada awal penangkapan penetapan Angelina sebagai tersangka, media massa di Indonesia tak henti-hentinya memberitakan kasus tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan frame dari Kompas dan Jawa Pos dalam pemberitaan kasus Angelina Sondakh tersebut. Metode penelitian digunakan adalah metode analisis framing model Zhondang Pan dan Kosicki dengan menggunakan pendekatankualitatif. Frame ini adalah suatu ide yang menghubungkan dengan elemen yang berbeda dalam suatu teks yang berita (seperti kutipan sumber, latar, informasi, pemakaian kata atau kalimat tertentu) kedalam teks secara keseluruhan. Perangkat framing yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi empat struktur besar yaitu : sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dan penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif interpretatif dengan menggunakan pendekatan analisis teks media. Hal ini untuk mengetahui cara-cara atau ideologi media saat mengkonstruksi fakta yang digunakan analisis framing. Analisis ini mencermati strategi seleksi kemunculan fakta kedalam berita agar lebih bermakna, menarik, lebih mudah diingat untuk mengiringi khalayak sesuai dengan perspektifnya, proses framing ini menjelaskan bagaimana komunikator mempresentasikan kepentingan dan ideologi yang digunakan sebagai suatu strategi pembentukan peristiwa yang spesifik yang tercermin lewat berita. Dari hasil analisis kedua media ditarik kesimpulan bahwa Kompas dan Jawa Pos memperlihatkan adanya perbedaan penekanan yang dilakukan keduanya. Masing-masing media memiliki karakteristik tersendiri dalam menuliskan fakta. Perbandingan frame mengenai kasus koupsi wisma atlet yang menyeret nama Angelina Sondakh, oleh Jawa Pos dalam memberitakan kasus ini lebih banyak menyoroti dan melihat pada keterlibatan tersangka lain pada kasus tersebut dan hal-hal yang menyangkut diri Angelina Sondakh. Pemberitaan lebih ditekankan pada struktur skrip yang terdapat unsur bagaimana (how), bagaimana tanggapan dari Angelina Sondakh atas kasus yang menimpa dirinya, bagaimana tanggapan dari ayah Angelina dan tanggapan dari kuasa hukum Angelina, Nasrullah. Penggunaan struktur retoris terlalu berlebihan. Sedangkan Kompas lebih memberitakan kepada human interest mengenai bagaimana pendapat narasumber khususnya rekan-rekan Angelina pada fraksi Partai Demokrat, dan anggota KPK. Kompas juga menyoroti tentang perkembangan kasus tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:44
Last Modified: 27 Apr 2016 04:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28315

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo