UMM Institutional Repository

Peran Microblogging Twitter dalam proses Online Self Disclosure (Studi pada kalangan Twitter user Following @The_Discomafia)

Maulana, Rizqi F Setyo (2013) Peran Microblogging Twitter dalam proses Online Self Disclosure (Studi pada kalangan Twitter user Following @The_Discomafia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizqifsety-30689-1-pendahul-n.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizqifsety-30689-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan cara manusia berkomunikasi di lingkup media online, manusia kini mengenal microblogging Twitter sebagai salah satu genre social media yang ringkas, sederhana, dan mudah diintegrasikan ke dalam berbagai medium komputasi (baik secara desktop ataupun mobile) yang secara mudah dapat diakses di sela rutinitas mereka sehari-hari. Seiring dengan membengkaknya jumlah angka pengguna Twitter yang menimbulkan fenomena pemanfaatan social media tersendiri di tengah-tengah masyarakat, peneliti melihat adanya pola pemanfaatan microblogging Twitter ini sebagai medium aktivitas penyingkapan diri (self disclosure) yang kental ditemui diantara sekian banyak informasi yang terjalin secara real time di arus timeline Twitter. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui peran dari microblogging Twitter dalam prose self dislcosure guna menyingkap korelasi dari maraknya penggunaan social media yang ada di tengah masyarakat. Guna mendukung penelitian yang dimaksudkan, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pemilihan subyek penelitian secara purposive untuk melengkapi berbagai pemaparan ilmiah yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Untuk mengumpulkan data-data yang ada, peneliti menggunakan teknik wawancara tidak berstruktur guna menghimpun keleluasaan data dari para informan-informan yang terlibat langsung dalam aktivitas ber-self disclosure di media microblogging Twitter. Dari hasil analisis observasi dan perolehan wawancara dengan para informan, diperolehlah kesimpulan peran microblogging Twitter antara lain: (1) sebagai motivator dalam proses self knowledge sharing, (2) sebagai katalis pencapaian kondisi flow, (3) sebagai wadah apresiatif dalam menampung egosentrisme penggunaan social media, dan (4) sebagai medium penggambaran konsep diri dan pencapaian self esteem yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Fenomena penggunaan microblogging Twitter secara tak langsung telah merubah diri seseorang menjadi pribadi yang lebih terbuka dengan fasilitas update status berlabel “whats happening”,didalamnya. Dengan berbagi, curhat ataupun mengungkapkan apa yang tengah terjadi pada dirinya di lingkup timeline Twitter, para pemilik akun Twitter lebih dapat mengkspresikan hal yang kurang bisa ia ekspreksikan melalui model penyampaian pesan komunikasi secara langsung (Face to face communication) dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini tak lepas dari beberapa peran microblogging Twitter tadi yang telah mengakomodasikan aspek-aspek penampilan kesan dan atribut diri yang sangat diperlukan untuk proses komunikasi antar personal di lingkup ber-social media online yang luas dan hampir tak terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:39
Last Modified: 27 Apr 2016 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28312

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo