UMM Institutional Repository

Praktek Yellow Journalism pada Surat Kabar Analisis Isi Berita Kriminal pada Surat Kabar Memo Arema Edisi 1 - 7 Maret 2012)

Sudarjo, Vidya Alini (2013) Praktek Yellow Journalism pada Surat Kabar Analisis Isi Berita Kriminal pada Surat Kabar Memo Arema Edisi 1 - 7 Maret 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vidyaalini-30690-1-pendahul-n.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vidyaalini-30690-2-babi.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penulisan berita kejahatan atau kriminal di media cetak memiliki dampak yang positif sekaligus juga negatif bagi khalayak umum. Melalui penulisan berita kriminal yang disajikan secara berlebihan atau sensasional dan disertai dengan gambar mengenai kejahatan tersebut kita bisa mengetahui bagaimana suatu tindak kejahatan tersebut dilakukan, hal ini dalam dunia jurnalistik disebut sebagai berita yang melakukan praktek yellow journalism atau jurnalisme kuning, meskipun tidak semua beritanya disajikan secara detail, akan tetapi pesan tersebut sudah bisa dipahami oleh khalayak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar frekuensi kemunculan isi berita kriminalitas yang mengandung unsur yellow journalism atau jurnalisme kuning dalam surat kabar Memo Arema Edisi 1 - 7 Maret 2012? . Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif. Dasar penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Analisis isi adalah teknik pengumpulan dan menganalisis isi dari suatu teks. "isi" dalam hal ini dapat berupa kata, arti (makna), gambar, simbol, ide, tema atau beberapa pesan yang dapat dikomunikasikan. Penyajian berita kriminal dalam penelitian ini penulis sajikan dalam bentuk analisis isi agar dapat diketahui lebih jelas tentang isi berita-berita kriminal yang terjadi dalam kurun waktu penelitian ini, berapa kali kemunculan berita yang disajikan secara berlebihan dalam surat kabar Memo Arema seperti perampokan, pencurian, pembunuhan, pencopetan dan lain-lain. Satuan ukur dalam penelitian ini dengan menggunakan frekuensi atau jumlah berita kriminal yang muncul dalam setiap ulasan berita yang dijelaskan dalam struktur kategori. Struktur kategori yang digunakan dalam menganalisa frekuensi kemunculan prkatek yellow jurnalism pada berita kriminalitas ini adalah sebagai berikut: (1) Berita, (2) Foto Berita. Data yang terkumpul dalam penelitian, tentunya perlu disusun dan disajikan. Penyajian data dilakukan dengan menyusun secara berurutan dan disebutkan frekuensinya masing-masing, atau lebih dikenal dengan istilah distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa frekuensi kemunculan praktek yellow journalism adalah sebanyak 174 kali dari 238 data yang diteliti, yang dapat dikategorikan sebagai berikut: (1) Berita sebanyak 162 kali atau 68,06%, yang didalamnya terdapat indikator Judul Bombastis sebanyak 24 kali atau 10,08% dan indikator Isi Berita Sensasional sebanyak 138 kali atau 57,98%. (2) Foto Berita sebanyak 12 kali atau 5,05%, yang diteliti dengan jumlah kemunculan Foto Vulgar. Dari hasil yang diteliti, maka disimpulkan bahwa pada berita tindak kriminal dalam surat kabar harian Memo Arema edisi 1 - 7 Maret 2012 cenderung besar menggunakan praktek yellow journalism. Kecenderungan praktek yellow journalism tentang tindak kriminal dalam surat kabar harian Memo Arema edisi 1 - 7 Maret 2012 ini sebesar 73,11%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:36
Last Modified: 09 Mar 2018 06:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo