UMM Institutional Repository

MANAJEMEN PENYIARAN BERITA TELEVISI LOKAL (Studi Pada Program Berita "Suguhan Sepincuk Berita" di JTV Madiun)

Sudarsono, Yanuar (2013) MANAJEMEN PENYIARAN BERITA TELEVISI LOKAL (Studi Pada Program Berita "Suguhan Sepincuk Berita" di JTV Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarsuda-30738-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarsuda-30738-2-babi.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada program acara "Suguhan Sepincuk Berita" di JTV Madiun dilakukan atas dasar acara tersebut dikonsep berdasarkan kebutuhan masyarakat Madiun dan sekitar. Masyarakat saat ini sudah sangat melek akan pentingnya suatu informasi yang disajikan dalam tayangan berita. Kemampuan media penyiaran untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas menjadikan media penyiaran sebagai objek penelitian penting dalam ilmu komunikasi, kususnya mengenai Manajemen Penyiaran Berita. Karena keberhasilan sebuah penyiaran berita tidak luput dari bagaimana mengkonsep sebuah manajemen itu sendiri. Keberhasilan media penyiaran sejatinya ditopang oleh kreativitas manusia manusia yang bekerja pada tiga pilar utama yang merupakan fungsi vital yang dimiliki setiap media penyiaran yaitu teknik, program dan pemasaran. Konsep dasar dari manajemen penyiaran tersebut meliputi Planing, Orgainizing, Actuating, Derecting, Controlling dan Evaluating. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan dan berusaha mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam dan menyertakan berbagai sumber informasi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini melalui proposive sampling dengan kriteria : Informan yang telah lama dan intensif dengan suatu kegiatan atau medan aktivitas yang menjadi sasaran perhatian peneliti dimana informan sudah memiliki banyak pengetahuan dan berbagai pengalaman yang cukup tentang seluk-beluk dari manajemen penyiaran di JTV Madiun tentang program berita "Suguhan Sepincuk Berita". Informan yang masih terkait secara penuh dan aktif pada lingkungan atau kegiatan yang menjadi sasaran dengan alasan informan mengerti tentang manajemen penyiaran televisi lokal JTV Madiun tentang program berita "Suguhan Sepincuk Berita". Dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen penyiaran berupa, Planning dalam program berita "Suguhan Sepincuk Berita" menggunakan nama Suguhan Sepincuk sebagai brand image karena berhubungan dengan makanan khas kota madiun yaitu pecel pincuk. Organizing menunjukkan bahwa pembagian tugas sebenarnya dapat bersifat formalitas artinya walaupun profesi sebagai editing tidak berarti sebagai editing saja melainkan harus juga memiliki kemampuan lain. Actuating merupakan pemberian arahan karyawan yang lain untuk menciptakan lingkungan yang kondusif serta hasil yang maksimal. Directing merupakan proses yang melibatkan seluruh komponen dalam pembuatan acara "Suguhan Sepincuk Berita". Controlling menilai karyawan dengan melihat langsung hasil kinerjanya yang diukur dari persepsi masyarakat terhadap acara "Suguhan Sepincuk Berita" di JTV Madiun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:32
Last Modified: 09 Mar 2018 06:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo