UMM Institutional Repository

ANALISIS MARKETING PUBLIC RELATIONS TENTANG KABUPATEN MALANG SEBAGAI TUJUAN WISATA UTAMA DI JATIM (Studi pada Paguyuban Joko Roro Kabupaten Malang)

Natasya, Cicilia (2013) ANALISIS MARKETING PUBLIC RELATIONS TENTANG KABUPATEN MALANG SEBAGAI TUJUAN WISATA UTAMA DI JATIM (Studi pada Paguyuban Joko Roro Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicilianat-30832-1-pendahul-n.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cicilianat-30832-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor dari dua belas sektor yang menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Malang pada tahun ini hingga masa mendatang. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Malang mengadakan berbagai kegiatan yang mampu mendukung sektor tersebut. Diantaranya menggelar berbagai seminar, diklat, dan pelatihan profesi yang berkaitan dengan pariwisata. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2011 mengundang kurang lebih 70 peseta dari berbagai kalangan. Mulai dari Biro Wisata atau Travel Agent, Pemilik Hotel di Kabupaten Malang, Seniman, para ahli, Duta Wisata, wartawan dan masyarakat. Kegiatan ini merupakan gambaran dari banyaknya partisipasi dari para penggerak pariwisata. Fungsi promosi yang merupakan bagian dari pemasaran merupakan salah satu tanggung jawab dari seorang Marketing public relations. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata, bagaimana pelaksanaan marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata dan evaluasi dari marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif lebih ditekankan dalam penelitian ini. Pendekatan ini sangat sesuai untuk mendapatkan informasi secara detail dan mendalam mengenai marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam Mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata. Penelitian deskriptif dapat diartikan sebagai proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan melukiskan keadaan subjek dan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya. Hasil penelitian perencanaan promosi Marketing Public Relations Paguyuban Jokororo Kabupaten Malang adalah dilakukan melalui metode analisis SWOT (Strengt, Weakness, Oportunity dan Treatment). Perencanaan yang dibuat berdasarkan kelemahan dan kekuatan dari obyek pariwisata. Perencanaan menjadi penting untuk memperoleh efisiensi dan efektivitas kegiatan. Komunikasi pemasaran dapat juga dinyatakan sebagai kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat dalam hal ini wisatawan. Pelaksanaan program-program yang sudah direncanakan dalam program kerja Paguyuban Jokororo Kabupaten Malang melakukan kegiatan promosi kawasan obyek wisata Kabupaten Malang Raya dengan bekerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Tujuan evaluasi yang dilakukan marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata adalah untuk perbaikan dan evaluasi lebih lanjut dalam penyusunan program berikutnya. Tujuan Paguyuban Jokororo melakukan evaluasi yaitu mengharapkan pembelajaran dari beberapa kesalahan yang terjadi kesalahan pada even-even sebelumnya baik yang dilakukan oleh Paguyuban Jokororo maupun Dinas Pariwisata kabupaten Malang. Proses evaluasi marketing public relations pada Paguyuban Jokororo dalam mempromosikan Kabupaten Malang sebagai tujuan wisata untuk perbaikan dan evaluasi lebih lanjut dalam penyusunan program berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Paguyuban Jokororo melalui marketing public relationsnya menjadi mitra kerja dari Dinas Pariwisata untuk mempromosikan potensi wisata Kabupaten Malang agar menjadi tujuan wisata utama di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:25
Last Modified: 27 Apr 2016 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo