UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN DALAM PENJUALAN BARANG DI DEPARTMENT STORE DENGAN PEMBERIAN DISKON SAMPAI DENGAN 70 %

SAVITRI, NUNGKI RIZKY (2013) PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN DALAM PENJUALAN BARANG DI DEPARTMENT STORE DENGAN PEMBERIAN DISKON SAMPAI DENGAN 70 %. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkirizk-33753-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkirizk-33753-1-pendahul-n.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Praktek pemberian diskon di Department Store merupakan suatu trik pelaku usaha untuk menaikkan omzet penjualan. Di satu sisi dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja tetapi di lain sisi praktek ini ditengarai penuh dengan kecurangan-kecurangan, antara lain adanya dugaan permainan harga. Berangkat dari asumsi di atas menginspirasi penulis untuk melakukan penelitian dengan mengambil dua permasalahan, yaitu : 1. Bagaimana praktek pelaku usaha dalam penjualan barang-barang di Department Store Kota Malang dengan pemberian diskon sampai dengan 70%? 2. Bagaimana perlindungan hak konsumen terhadap praktek pelaku usaha dalam penjualan barang-barang di Department Store Kota Malang dengan pemberian diskon sampai dengan 70%?. Fokus penelitiannya adalah tentang kecurangan yang dilakukan oleh para pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi partisipatif, wawancara dan studi kepustakaan. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) Praktek pelaku usaha Department Store yang memberikan diskon sampai dengan 70% bertentangan dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomer 8 Tahun 1999, khususnya melanggar pasal 4, pasal 7, pasal 11 huruf (f) dan pasal 62 ayat (2). 2) Praktek pelaku usaha ini hanya permainan harga saja. 3) Kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha antara lain adalah : mempermainkan harga produk, produk yang ditawarkan ada yang cacat tersembunyi atau kualitasnya rendah, tidak memberikan informasi yang jujur, jelas dan benar tentang kondisi produk yang ditawarkan. 4) Alasan pelaku usaha memberi diskon antara lain adalah untuk menarik minat konsumen, menaikkan omzet penjualan, mengatrol tingkat penjualan dan menghabiskan stok lama. 5) Jenis barang yang ditawarkan dengan diskon besar adalah produk pakaian dan produk sepatu / sandal. 6) Motivasi konsumen yang datang berbelanja antara lain : ada barang murah, mumpung ada diskon dan ingin belanja. 7) Konsumen tidak mengetahui tentang trik pemberian diskon oleh pelaku usaha. 8) Konsumen belum mengetahui tentang hak-haknya seperti yang diatur dalam pasal 4 Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomer 8 tahun 1999.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:48
Last Modified: 27 Apr 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28279

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo