UMM Institutional Repository

PESAN CINTA DALAM FILM (Analisis Isi Film Punk In Love Karya Ody C. Harahap)

MULYANTORO, ELCO BUDI (2013) PESAN CINTA DALAM FILM (Analisis Isi Film Punk In Love Karya Ody C. Harahap). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elcobudimu-30833-1-pendahul-n.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elcobudimu-30833-2-babi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi dewasa ini kebutuhan akan informasi semakin banyak dan tidak menutup kemungkinan bagi media masa untuk berlomba da menyampaikan pesan/informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat dewasa ini, ternyata telah membawa perubahan sosial yang bisa berakibat positif maupun negatif bagi penerima informasi. Peran penting media masa telah menjadi sumber dominan bukan saja bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif untuk memperoleh gambaran dan citra realitas. Media menyuguhkan nilai-nilai yang dibaurkan dengan hiburan.Demikian pentingnya peran media masa bagi masyarakat, baik untuk memenuhi kebutuhan informasi ataupun sekedar mencari hiburan Sebagai salah satu medium komunikasi massa film memiliki kekuatan yang kompleks. Sebagai medium atau suatu cara untuk berkomunikasi, dalam sebuah film ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada penonton. Cara berkomunikasi dalam film adalah cara bertutur. Ada tema, tokoh, cerita, secara audio visual, yang pada akhirnya mengkomunikasikan suatu pesan secara dramatik. Salah satunya film Punk In Love karya Ody C. Harahap merupakan film yang mengangkat tema percintaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Unit yang digunakan dalam penelitian ini adalah setiap scene yang dijelaskan melalui akting dan dialog yang menunjukkan unsur pesan cinta yang sesuai dengan kategori yang telah ditentukan dalam film Punk In Love. Dengan demikian maka dapat diperoleh jumlah frekuensi kemunculan scene yang menunjukkan pesan cinta. Dari hasil penelitian yang dilakukan setelah dilakukan pengkodingan data , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 38 scene dari total 41 atau 92,69% dari 100% scene film Punk In Love yang mengandung pesan cinta. Dari pesan cinta dalam film Punk In Love kategori cinta sejati muncul sebanyak 6 kali atau 15,79%, kategori cinta kasih muncul sebanyak 9kali atau 23,69%, dan kategori cinta antar sahabat muncul sebanyak 23 kali atau 60,52%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan persentase pesan cinta dalam film Punk In Love mengungkapkan kemunculan adegan cinta antar sahabat yang lebih besar ketimbang adegan cinta sejati dan cinta kasih. Hal tersebut menandakan bahwa film ini cukup kaya dengan adegan tolong menolong, tenggang rasa antar sesama dan kepercayaan yang diberikan kepada sahabatnya. Dengan demikian dapat disimpulkan film ini tidak hanya menggambarkan pesan cinta kasih antar pasangan akan tetapi pesan cinta antar sahabat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:27
Last Modified: 27 Apr 2016 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28268

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo