UMM Institutional Repository

PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN TERHADAP PERILAKU MEMBELI PRODUK KARTU AS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG ( Studi Pada Iklan Kartu AS Versi Sule )

RACHMAN, MUHAMMAD ADI (2013) PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER DALAM IKLAN TERHADAP PERILAKU MEMBELI PRODUK KARTU AS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG ( Studi Pada Iklan Kartu AS Versi Sule ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadad-30880-1-pendahul-n.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadad-30880-2-babi.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Secara sederhana iklan adalah sebagai informasi yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. (Kasali, 1992:9). iklan merupakan salah satu alat bentuk media promosi yang paling effektif. Salah satu cara kreatif untuk menyampaikan pesan dalam iklan kartu As adalah dengan cara penggunaan celebrity endorser (Sule) itu dikarenakan celebrity endorser memiliki daya tarik yang dapat membuat konsumen untuk lebih mudah menerima pesan yang disampaikan dalam iklan. Daya tarik merupakan pendekatan yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi perasaan mereka terhadap suatu produk (barang atau jasa) untuk perilaku membeli produk yang diiklankan dalam hal ini produk tersebut adalah kartu As. Apakah dengan penggunaan celebritry endorser (sule) dapat berpengaruh besar dalam menarik perilaku konsumen untuk membeli kartu As. Hal itulah yang menarik peneliti untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh daya tarik celebrity endorser dalam iklan terhadap perilaku membeli produk kartu As pada mahasiswa dan seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan. Sedangkan definisi operasional dari penelitian ini terbagi menjadi dua variabel yaitu variabel pengaruh daya tarik celebrity endorser sebagai variabel X dan variabel minat membeli sebagai variabel Y. Dalam penelitian ini, tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas No. 246, Malang dengan populasi adalah sebagian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan populasi sejumlah 71 orang mahasiswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah sebagian dari wakil populasi, karena jumlah dari populasi ini kurang dari 100, maka dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi linear sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh dan kuatnya hubungan dari daya tarik celebrity endorser terhadap minat membeli produk kartu As pada mahasiswa. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara daya tarik celebrity endorser terhadap minat membeli mahasiswa. Dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,133 atau 1,8%, dan bila dikonsultasikan interpretasi koefisien korelasi menunjukkan bahwa pengaruh antara daya tarik celebrity endorser dalam iklan dan minat membeli produk kartu As pada mahasiswa masuk dalam interval koefisien 0,000– 0,199 dan termasuk dalam kategori sangat rendah. Dari perhitungan koefisien determinasi pengaruh daya tarik celebrity endorser memberikan sumbangan pengaruh sebesar 1,8% terhadap minat membeli mahasiswa. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 98,2% akan dijelaskan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:24
Last Modified: 27 Apr 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28264

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo