UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PASAL 5 AYAT 3 (a) PP NOMOR 37 TAHUN 1998 TENTANG PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) MENGENAI PELAYANAN PADA MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA PPAT DIDAERAH YANG BELUM CUKUP TERDAPAT PPAT (Studi di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang )

MUKAROMAH, NURUL (2014) EFEKTIVITAS PASAL 5 AYAT 3 (a) PP NOMOR 37 TAHUN 1998 TENTANG PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH (PPAT) MENGENAI PELAYANAN PADA MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA PPAT DIDAERAH YANG BELUM CUKUP TERDAPAT PPAT (Studi di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulmukar-34522-2-babi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulmukar-34522-1-pendahul-n.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan kepastian hukum di bidang pertanahan semakin hari semakin meningkat jumlahnya diperlukan PPATS untuk daerah yang belum memenuhi formasi PPAT. Hal tersebut di kuatkan oleh PP nomor 37 ayat 3 (a) tahun 1998 tentang PPAT .Camat masih dibutuhkan keberadaannya di wilayah Kabupaten Malang. Penelitian ini membahas tentang efektivitas pasal 5 ayat 3 (a) PP Nomor 37 Tahun 1998 tentang PPAT mengenai pelayanan pada masyarakat dalam pembuatan akta PPAT di daerah yang belum cukup terdapat PPAT. Dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa efektifitas pasal 5 ayat 3 (a) PP nomor 37 tahun 1998 yang dalam pembahasan dikolerasikan dengan 5 (lima) faktor efektivitas itu sendiri antara lain faktor norma hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana prasarana, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data yang diperoleh di analisa secara kualitatif. Hasil penelitian berupa bentuk pelayanan camat pada masyarakat di kecamatan jabung antara lain melakukan sebagian kegiatan pendaftaran tanah, pembuatan peralihan hak atas tanah dan melakukan penyuluhan mengenai pertanahan. Peran camat sebagai PPATS merupakan sifat membantu dalam pemenuhan formasi PPAT. Namun di kecamatan jabung peran camat masih memiliki peran yang sangat sentral dan di butuhkan dalam pembuatan akta tanah. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai PPAT. Kesimpulannya, pelayanan yang dilakukan oleh camat belum dikatakan efektif, mengingat banyak kendala yang dihadapi camat salah satunya adalah pendidikan camat yang tidak ada hubungannya dengan profesi PPAT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:02
Last Modified: 27 Apr 2016 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28249

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo