UMM Institutional Repository

ANALISIS KRIMINOLOGIS PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PELAKU ANAK DI BAWAH UMUR (Studi di Wilayah Hukum Polres Kota Malang)

FEFILYNDA, ELLA DWI (2013) ANALISIS KRIMINOLOGIS PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN PELAKU ANAK DI BAWAH UMUR (Studi di Wilayah Hukum Polres Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elladwifef-32660-2-babi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elladwifef-32660-1-pendahul-n.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Pencurian kendaraan bermotor merupakan salah satu tindak pidana dengan statistik tertinggi di kota Malang, bahkan pelakunya ada beberapa yang merupakan anak di bawah umur. Penulis tertarik untuk melakukan analisis kriminologis terhadap penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dengan pelaku anak di bawah umur tersebut. Rumusan Masalah yang disampaikan penulis adalah: (1) Apakah faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur di wilayah hukum Polres Kota Malang? (2) Bagaimanakah modus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur di wilayah hukum Polres Kota Malang? (3) Bagaimana upaya, kendala dan solusi Polres Kota Malang dalam menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Penelitian menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam mengolah data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor oleh anak di bawah umur di wilayah hukum Polres Kota Malang terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Untuk modus, terdapat dua modus yang umum, yaitu memanfaatkan kelengahan korban, serta yang kedua berpura-pura keliru mengambil kendaraan milik korban. Upaya penanggulangan terhadap tindak pidana tersebut dilakukan melalui upaya preventif dan represif. Kendala yang dihadapi kepolisian adalah kurangnya personel, wilayah kota Malang yang luas, serta juga kecepatan pelaku dalam menghilangkan barang bukti. Untuk mengatasi kendala tersebut, Polres Kota Malang berupaya meningkatkan kerjasama dan komunikasi dengan polsek setempat, rajin melakukan patroli, serta melakukan pengungkapan terhadap penadahan yang merupakan satu rangkaian dengan pencurian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:56
Last Modified: 27 Apr 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28246

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo