UMM Institutional Repository

KEKACAUAN BATAS DUNIA MAYA dan DUNIA NYATA (Analisis Semiotik pada Film I Know What You Did On Facebook Karya Awy Suryadi)

RACMAN, DWI FITA YULIA (2012) KEKACAUAN BATAS DUNIA MAYA dan DUNIA NYATA (Analisis Semiotik pada Film I Know What You Did On Facebook Karya Awy Suryadi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwifitayul-29307-1-pendahul-n.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwifitayul-29307-2-bab1.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, perkembangan media selain sebagai sumber informasi, media juga digunakan sebagai alat untuk menyalurkan berbagai macam ekspresi dan juga kreativitas. Hal ini tentu saja turut mempengaruhi dan merubah cara manusia dalam berkomunikasi. Dan kini internet merupakan salah satu sarana komunikasi dan bertukar informasi yang efektif dan efisien melalui beragam fasilitas yang ditawarkan. Derasnya penetrasi internet dimasyarakat, maka bukan hal yang tabu untuk turut mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat modern. Fenomena ini mengundang kreatifitas Awy Suryadi untuk menjadikan dunia maya dan dunia nyata sebagai objek dalam filmnya yang berjudul ‘I Know What You Did On Facebook’ sebagai daya pikat konsumen. Maka dari sinilah peneliti ingin mengetahui keterkaitan antara dunia maya dengan dunia nyata yang terjadi dalam film I Know What You Did On Facebook. Dunia maya memberikan perspektif baru dalam memahami perkembangan teknologi media. Ruang sosial maya ini berguna untuk mengeksplorasi dan menyalurkan segala informasinya tanpa memperhatikan batasan-batasan ruang dunia nyata. Sedangkan psikoanalisa memberikan gambaran yang mendasari tingkah laku manusia. Jadi, semua perilaku yang dilakukan manusia baik dalam dunia maya ataupun dunia nyata ini sebagai bentuk alegori dari kesiapan manusia menuju pemahamannya terhadap realitas kesadaran rasionalnya Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik dengan tipe penelitian intepretatif. Fokus penelitian ini adalah pada alur cerita (akting dan juga dialog) dalam film ‘I Know What You Did On Facebook’. Sedangkan ruang lingkupnya adalah keseluruhan dari film I Know What You Did On Facebook yaitu keterkaitan antara dunia maya dan dunia nyata dalam film tersebut. Untuk penelitian ini unit analisisnya adalah scene tertentu yang dianggap mewakili dalam film tersebut, baik dari segi akting maupun dialognya. Teknik analisa datanya sesuai dengan semiotika Roland Barthes. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, pada film I Know What You Did On Facebook komunitas imajiner pada ruang maya digambarkan sebagai pihak yang memiliki karakter ganda. Maka, berdasarkan temuan – temuan yang menyangkut kekacauan batas dunia maya dan dunia nyata dalam film ini, dapat diketahui adanya ideologi liberalisme pada dunia maya. Tokoh – tokoh dalam film ini direpresentasikan sebagai seseorang yang lebih memilih dunia maya untuk memecahkan segala macam masalahnya yang tidak dapat diungkapkan dan selesaikan pada dunia nyata. Dalam film ini dunia maya ditonjolkan menjadi sesuatu yang bersifat negatif tanpa adanya pembatas pada dunia nyata dan porsi yang seimbang, termasuk sebaliknya sehingga mengakibatkan kekacauan antar keduanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:47
Last Modified: 27 Apr 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28240

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo