UMM Institutional Repository

MOTIF IBU RUMAH TANGGA DALAM MENONTON TAYANGAN INFOTAINMENT DI TELEVISI Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Nogosari, Kec. Pandaan Kab. Pasuruan

Muda, Niku Nur Hidayati (2012) MOTIF IBU RUMAH TANGGA DALAM MENONTON TAYANGAN INFOTAINMENT DI TELEVISI Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Nogosari, Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikunurhid-29317-1-pendahul-n (1).pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nikunurhid-29317-2-babi (1).pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Infotainment merupakan program acara televisi yang lebih cenderung pada pemberitaan tentang kehidupan selebritis dan orang-orang terkenal yang dikemas dalam bentuk hiburan. Program tayangan ini berkembang sangat pesat dibandingkan dengan program tayangan televisi lainnya. Pada saat ini, banyak stasiun televisi swasta yang menjadikan tayangan infotainment sebagai program unggulan mereka. Audience dari tayangan infotainment lebih didominasi oleh kaum wanita, karena wanita lebih menyukai tayangan yang berbau gossip dibandingkan dengan tayangan yang berbau berita politik. Sehubungan dengan judul yang telah diambil dalam penelitian ini, maka peneliti tertarik untuk meneliti apa saja motif yang mendasari ibu rumah tangga dalam menonton tayangan infotainment di televisi. Untuk dapat mengetahui motif yang apa mendorong Ibu Rumah Tangga dalam Menonton Tayangan Infotainment di Televisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification (Kegunaan dan Kepuasan). Teori ini berasumsi bahwa audience mempergunakan media massa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya dan memperoleh kepuasan, dan dalam teori ini audience merupakan individu yang dianggap aktif dan memiliki tujuan ketika mencari media yang mereka inginkan sesuai dengan kebutuhannya, sehingga media massa hanya digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan audience. Jenis-jenis motif dalan penelitian ini terdiri dari motif kognitif (motif yang berhubungan dengan kebutuhan akan informasi dan pengetahuan), motif afektif (motif yang berhubungan dengan perasaan), motif integrasi sosial (motif yang berhubungan dengan peneguhan kontak dengan keluarga, teman, dan dunia), motif integrasi personal (motif yang berhubungan dengan peneguhan kredibilitas, status individu atau peneguhan akan harga diri), motif pelepas ketegangan (motif yang berhubungan dengan kebutuhan manusia untuk melepaskan diri dari kehidupan nyata/kehidupan sehari-hari). Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Tipe penelitiannya adalah jenis penelitian deskriptif. Tipe penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, situasi di mayarakat yang menjadi obyek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga yang sering menonton tayangan infotainment. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Disini setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih secara acak, hingga mendapatkan jumlah sampel yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan tendensi sentral bentuk mean, yaitu untuk mengetahui nilai rata-rata setiap kategori motif. Hasil penelitian pada ibu rumah tangga di Desa Nogosari kec. Pandaan kab. Pasuruan ini dapat diketahui nilai rata-rata pada Motif Kognitif sebesar 3,70. Sedangkan nilai rata-rata pada Motif Afektif dan Motif Pelepas Ketegangan sebesar 3,39, dan nilai rata-rata pada Motif Integrasi Sosial sebesar 3,27. Sedangkan untuk nilai rata-rata pada Motif Integrasi Personal sebesar 3,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Motif Ibu Rumah Tangga di Desa Nogosari, Kec. Pandaan Kab. Pasuruan Dalam Menonton Tayangan Infotainment di Televisi yang Paling Tinggi diantara motif-motif lainnya dengan nilai rata-rata 3,70 adalah motif kognitif dan yang Paling Rendah diantara motif-motif lainnya dengan nilai rata-rata 3,27 yaitu motif integrasi sosial. Dengan begitu motif ibu rumah tangga menonton tayangn infotainment adalah untuk memperoleh informasi tentang model pakaian yang sedang trens, aksesoris yang sedang trend, cara berpakaian yang baik dan sesuai sikon, gaya hidup selebritis, kehidupan para selebritis, tempat-tempat yang pernah didatangi selebritis serta tempat-tempat wisata di tanah air yang pernah di datangi selebritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:32
Last Modified: 27 Apr 2016 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28234

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo