UMM Institutional Repository

PENYEBAB DAN TIPE KEJAHATAN WANITA MENJADI RESIDIVIS (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang)

MANTIKA, DH KURNIA (2013) PENYEBAB DAN TIPE KEJAHATAN WANITA MENJADI RESIDIVIS (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhkurniama-33479-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhkurniama-33479-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhkurniama-33479-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Narapidana wanita sama halnya dengan manusia-manusia lainnya yang memiliki status sebagai makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial yang menjadi anggota masyarakat, sehingga didalam pembinaannya tidak boleh diasingkan dari kehidupan masyarakat, tetap harus diintergasikan kedalamnya. Narapidana wanita yang sudah berulangkali masuk penjara, kelihatannya sudah sulit bertobat. Mereka sudah beranggapan penjara ini sebagai tempat peristirahatan beberapa bulan ketika tertangkap melakukan aksinya, sehingga menginspirasi penulis untuk melakukan penelitian dengan mengambil dua permasalahan, yaitu : Apa yang menyebabkan Wanita menjadi residivis dan Apa tipe kejahatan yang dilakukan oleh Wanita residivis. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan sumber data sekunder dari studi kepustakaan dan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan studi dokumen dari Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian narapidana wanita residivis melakukan kejahatan penipuan, pencurian, perdagangan orang dan narkoba yang di sebabkan berbagai faktor yaitu faktor ekonomi, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Tipe kejahatannya The Habitual Criminal, The Episodic Criminal, The Occasional Criminal dan The malicious Criminal melakukan kejahatan karena ada kesempatan, tidak menyadari telah melakukan tindak pidana, kejahatannya tanpa direncanakan dahulu, kejahatannya diulang-ulang akhirnya jadi kebiasaan dan jadi mata pencaharian. Kesimpulannya, dari beberapa kasus kejahatan yang di lakukan narapidana wanita residivis, sebagian besar narapidana residivis di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang sebagai pengguna narkoba. Saran, seharusnya perlu adanya upaya rehabilitasi bagi narapidana residivis pengguna narkoba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:43
Last Modified: 27 Apr 2016 01:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo