UMM Institutional Repository

STUDI KASUS PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN PENJUALAN OBJEK HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH SECARA “DI BAWAH TANGAN” (Studi di Koperasi Mitra Mandiri Malang)

Nisak, Jaibun (2013) STUDI KASUS PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN PENJUALAN OBJEK HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH SECARA “DI BAWAH TANGAN” (Studi di Koperasi Mitra Mandiri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jaibunnisa-33482-2-babi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jaibunnisa-33482-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hak tanggungan adalah hak jaminan yang di bebankan pada hak atas tanah untuk pelunasan hutang tertentu yang memberikan kedudukan utama kepada kreditor. Adanya aturan hukum mengenai pelaksanaan hak tanggungan dalam suatu perjanjian kredit bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi semua pihak, contohnya saja pemberian kredit oleh koperasi senantiasa memberikan kemungkinan tidak dapat dilunasinya kredit tersebut oleh debitur pada saat jatuh tempo. Kemacetan kredit seperti ini secara tidak langsung juga akan memberikan dampak yang negatif terhadap masyarakat, untuk memperkecil kerugian yang di timbulkan oleh kredit macet tersebut maka pihak koperasi akan meminta kepada pihak debiturnya untuk memberikan jaminan bagi pengembalian tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah Koperasi Mitra Mandiri Malang sebagai penerima hak tanggungan dan Hendri Yulianto (debitor) sebagai pemberi hak tanggungan, sedangkan objek kajiannya berupa pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan penjualan Hak Tanggungan atas tanah, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan penjualan Hak Tanggungan atas tanah secara dibawah tangan, apakah dalam pelaksanaan tersebut menemui hambatan dan bagaimana upaya mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis, dimana saya secara langsung terjun kelapangan untuk melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan agar mendapatkan data maupun bahan-bahan untuk menyelesaikan skripsi ini. Hasil yang saya peroleh dari penelitan ini adalah bahwa pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan penjualan Hak Tanggungan yang di lakukan secara di bawah tangan ini memberikan implikasi yaitu hapusnya hutang debitur terhadap pihak koperasi sesuai ketentuan Pasal 18 ayat 1 Undang-undang Hak Tanggungan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, pihak koperasi tidak sepenuhnya mengikuti mekanisme atau persyaratan yang ditentukan undang-undang yaitu keharusan mengumumkan di surat kabar hasil penjualan obyek hak tanggungan secara dibawah tangan sebagaimana dimaksud Pasal 20 ayat 3 Undang-undang Hak Tanggungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka pihak koperasi tidak sepenuhnya mengikuti mekanisme atau persyaratan yang ditentukan undang-undang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:34
Last Modified: 27 Apr 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo