UMM Institutional Repository

PROBLEMATIKA HUKUM TERHADAP PEMBUKTIAN DALAM TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK (TRAFFICKING) “ ANALISA PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1981 HUKUM ACARA PIDANA (KUHAP) ”

SUPRAYITNO, EKO (2013) PROBLEMATIKA HUKUM TERHADAP PEMBUKTIAN DALAM TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK (TRAFFICKING) “ ANALISA PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1981 HUKUM ACARA PIDANA (KUHAP) ”. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekosuprayi-33483-2-babi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekosuprayi-33483-1-pendahul-n.pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah keluarga miskin dan angka putus sekolah di berbagai tingkat pendidikan, menurunnya kesempatan kerja dan maraknya konflik sosial di berbagai daerah yang muncul sebagai dampak krisis sangat potensial mendorong timbulnya perdagangan perempuan dan anak. Hal ini diperparah oleh kenyataan melemahnya peranan lembaga keluarga dan solidaritas antar warga masyarakat untuk melaksanakan fungsi pemenuhan kebutuhan ekonomi, sosial dan psikologis sekaligus kontrol terhadap para anggotanya. Perdagangan perempuan dan anak merupakan salah satu bentuk perlakuan terburuk dari tindak kekerasan yang dialami perempuan dan anak. Dari kacamata Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan pelanggaran dan kejahatan terhadap manusia. Perdagangan perempuan juga dapat menghambat pembangunan sumber daya manusia mengingat dampak sosial dan psikologis yang dialami para korban menghalangi mereka untuk berfungsi secara sosial, memberikan kontribusi dalam proses pembangunan dan melanjutkan proses regenerasi yang berkualitas. Masalah perdagangan orang telah terjadi sejak abad ke empat di Timur Tengah dan berkembang terus pada abad ke delapan belas di kawasan Amerika Serikat yang didasarkan pada perbedaan ras atau warna kulit. Pada masa sekarang, perkembangan perdagangan orang beralih pada jenis manusia yang lemah yakni perempuan dan anak. Perdagangan perempuan dan anak merupakan salah satu bentuk perlakuan terburuk dari tindak kekerasan yang dialami perempuan dan anak dan termasuk sebagai tindak kejahatan dan pelanggaran hak asasi manusia. Bertambah maraknya masalah perdagangan perempuan dan anak diberbagai negara, terutama negara-negara yang sedang berkembang telah menjadi perhatian masyarakat intemasional dan organisasi internasional, terutama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia sebagai salah satu negara yang berdaulat dalam komunitas internasional merupakan negara yang mengikuti issu-issu dunia yang terjadi melalui proses globalisasi baik di bidang politik, ekonomi, sosial, hukum, budaya dan bidang lainnya dengan mengutamakan kepentingan nasionalnya. Pancasila sebagai falsafah negara yang melandasi UUD 1945 sebagaimana telah diamandemen sejak tahun 1999, telah menjamin warga negaranya untuk menikmati hak asasinya, sekaligus memberikan perlindungan hukum. Hat tersebut diamanatkan dan tercantum dalam bab khusus, Bab XA tentang HAM UUD 1945. Komitmen negara telah tertuang dalam TAP MPR Nomor IV Tahun1999 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara yang merupakan arahan bagi. Pembangunan Indonesia. Selanjutnya komitmen tersebut dikuatkan melalui TAP MPR Nomor X Tahun 2001 yang memberikan rekomendasi kepada Presiden Rl untuk mengatasi perdagangan perempuan dan anak melalui penyusunan peraturan perundangan nasional, ratifikasi konvensi intemasional, dan pembentukan rencana aksi serta gugus tugas (task force), kemudian rekomendasi tersebut ditegaskan kembali melalui TAP MPR Nomor VI Tahun 2002.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:28
Last Modified: 27 Apr 2016 01:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo