UMM Institutional Repository

TINJAUAN TERHADAP PRAKTEK PERKAWINAN YANG TIDAK DICATATKAN (PERKAWINAN SIRRI) (studi di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan)

UTOMO, TAUFIQ (2014) TINJAUAN TERHADAP PRAKTEK PERKAWINAN YANG TIDAK DICATATKAN (PERKAWINAN SIRRI) (studi di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufiqutom-34170-2-babi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-taufiqutom-34170-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkawinan yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan sebagian besar masih belum dicatatkan (perkawinansirri). Penelitian ini mengambil rumusan masalah akibat hokum apa yang timbul dari nikah sirri di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, factor apa saja yang mempengaruhi nikah sirri di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, dan bagaimana peranpemerintah dalam menyelesaikan masalah nikah sirri yang terjadi di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, sumber data primer berupa hasil wawancara dengan responden dan data sekunder adalah Undang-Undang dan buku yang berkaitan dengan perkawinan terutama dengan perkawinan yang tidak dicatatkan. Kemudian data dari hasil penelitian dianalisa dengan mengunakan sebuah metode analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat ketidaksesuaian antara keinginan Undang-Undang Perkawinan dengan kebiasaan masyarakat yang tidak mencatatkan perkawinannya selain itu ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat untuk tidak mencatatkan perkawinannya. Kesimpulannya bahwa kebiasaa nmasyarakat di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan melanggar ketentuan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan pemerintah sudah berupaya untuk meminimalisir kebiasaan masyarakat ini dengan mensosialisasikan dampak dari perkawinan yang tidak dicatatkan dan isbat nikah secara masal, tetapi upaya tersebut masih kurang maksimal dalam meminimalisir perkawinan yang tidak dicatatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 27 Apr 2016 01:19
Last Modified: 27 Apr 2016 01:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo