UMM Institutional Repository

UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ULAYAT DI DESA CULIK KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM PROPINSI BALI

BALQIES, NADIRA (2014) UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA TANAH ULAYAT DI DESA CULIK KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM PROPINSI BALI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadirabalq-31855-1-pendahul-n.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadirabalq-31855-2-babi.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menyangkut dengan tanah di Bali akhir-akhir ini meningkat volumenya, sejalan dengan peningkatan perekonomian baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Dilain pihak permasalahan tanah yang timbul tidak lepas dari penduduk yang secara nasional meningkat cukup tinggi dan kebutuhan akan tanah sangat penting sekali, mengakibatkan harga tanah relativ tinggi. Dengan meningkatnya harga tanah tersebut, masyarakat berlomba-berlomba ingin memiliki tanah baik kepemilikannya sesuai dengan prosedur yang benar, maupun dengan memanipulasi data, hal tersebut akan menimbulkan konflik/sengketa tentang tanah, baik itu tanah hak milik adat maupun tanah hak milik perorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya penyelesaian sengketa tanah ulayat beserta kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian sengketa tanah ulayat yang terjadi di Desa Culik Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem PROPINSI Bali. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sebagai populasi adalah masyarakat di Desa Culik yang mengalami sengketa tanah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer yang berupa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan objek yang diteliti, bahan hukum sekunder yang berupa buku-buku, karya tulis ilmiah serta bahan hukum tersier yang berupa kamus Bahasa Indonesia dan kamus Bahasa Inggris. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya-upaya penyelesaian sengketa tanah ulayat menggunakan metode penyelesaian sengketa melalui jalur Non Litigasi yang dilakukan oleh para perwakilan dari ke 59 (lima puluh sembilan) Dadia dan oleh Badan Pertanahan Nasional kepada warga Dadia I Gede Badung dan melalui jalur Litigasi antara warga ke 59 (lima puluh sembilan) Dadia dengan Badan Pertanahan Nasional. Dengan menggunakan kedua jalur tersebut, ternyata belum dapat memberikan hasil yang memuaskan sehingga menimbulkan kendala-kendala bagi para warga ke 59 (lima puluh sembilan) dan bagi Badan Pertanahan Nasional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa upaya-upaya yang sudah dilakukan baik oleh warga ke 59 (lima puluh sembilan) Dadia dan oleh Badan Pertanahan Nasional baik memalui jalur Litigasi dan Non Litigasi sudah dilakukan secara maksimal, walaupun mendapatkan kendala-kendala dalam penyelesaian sengketa tanah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Apr 2016 12:25
Last Modified: 26 Apr 2016 12:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28210

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo