UMM Institutional Repository

TINJAUAN PELAKSANANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS TINDAKAN PELAKU USAHA YANG MEMPRODUKSI ATAU MEMPERDAGANGKAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN LABEL KEMASAN YANG TERTERA (Studi Di Dinas Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Kota Batu dan Lembaga Perlindungan Konsumen)

ZAKHINA, INA (2013) TINJAUAN PELAKSANANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS TINDAKAN PELAKU USAHA YANG MEMPRODUKSI ATAU MEMPERDAGANGKAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN LABEL KEMASAN YANG TERTERA (Studi Di Dinas Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Kota Batu dan Lembaga Perlindungan Konsumen). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inazakhina-31856-1-pendahul-n.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inazakhina-31856-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Perlindungan konsumen menurut Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Pasal 1 ayat (1) memberi pengertian bahwa perlindungan konsumen sebagai segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Diskoperindag dan LPK Kota Batu merupakan lembaga yang bertugas untuk melaksanakan pelaksanaan perlindungan konsumen dan melindungi hak-hak konsumen yang dirugikan atas produk makanan yang tidak sesuai dengan label yang tertera. Penelitian ini mengambil rumusan masalah:1. Bagaimana pelaksanaan pemberian perlindungan kepada konsumen di Kota Batu terhadap tindakan pengusaha keripik buah yang memproduksi dan memperdagangkan keripik buah yang tidak sesuai dengan label yang tertera? 2. Bagaimanakah hambatan pelaksanaan pemberian perlindungan kepada konsumen di Kota Batu terhadap tindakan pengusaha keripik buah yang memproduksi dan memperdagangkan keripik buah yang tidak sesuai dengan label yang tertera? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, Tehnik pengumpulan datanya berupa wawancara dan studi dokumen dari Diskoperindag dan LPK Kota Batu. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen di Kota Batu dilaksanakan oleh, Diskoperindag dan LPK Kota Batu sebagai lembaga yang bertanggung jawab, perlindungan hukum dilaksanakan dengan cara memberikan penyululuhan, pengawasan dan mengadakan forum tentang perlindungan konsumen. Dalam melakukan perannya, Diskoperindag dan LPK Kota Batu menemui hambatan, terutama kurang pahamnya konsumen dan pelaku usaha tentang perlindungan konsumen, serta pelaku usaha yang tidak memberikan informasi yang benar pada konsumen. Saran pengawasan dan pelaksanaan perlindungan konsumen perlu ditingkatkan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Apr 2016 12:23
Last Modified: 26 Apr 2016 12:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo