UMM Institutional Repository

PENCEGAHAN SERTA PENANGGULANGAN PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR (ILLEGAL LOGGING) OLEH POLISI KEHUTANAN (Studi di Kabupaten Sumbawa)

CAHYADIPUTRA, TRI (2013) PENCEGAHAN SERTA PENANGGULANGAN PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR (ILLEGAL LOGGING) OLEH POLISI KEHUTANAN (Studi di Kabupaten Sumbawa). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tricahyadi-31894-2-babi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tricahyadi-31894-1-pendahul-n.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini membahas tentang pencegahan serta penanggulangan penebangan hutan secara liar (illegal logging) oleh polisi kehutanan. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya praktek illegal logging, (2) bagaimana pencegahan serta penanggulangan yang dilakukan oleh polisi kehutanan terkait praktek illegal logging yang terjadi di Dodo Jaran Pusang, Kabupaten Sumbawa. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya praktek illegal logging di Kabupaten Sumbawa dan untuk mengetahui pencegahan serta penanggulangan yang dilakukan oleh polisi kehutanan terkait praktek illegal logging yang terjadi di kabupaten Sumbawa. Metode pendekatan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis sosiologis yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum yuridis tetapi disamping itu juga berusaha menelaah kaidah-kaidah hukum yang berlaku pada masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder kemudian dalam penelitian ini penulis menggunaan metode diskriptif analitis yaitu suatu cara penelaah maslah yang diteliti dengan cara memaparkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi, kemudian dianalisa lalu ditarik suatu kesimpulan. Faktor yang menyebabkan terjadinya praktek illegal logging adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian hutan, selain itu faktor ekonomi lebih dominan yang menyebabkan masyarakat melakukan illegal logging. Bentuk pencegahan serta penanggulangan yang dilakukan oleh polisi kehutanan adalah dengan cara penyuluhan terhadap masyarakat dengan cara memberikan materi maupun penjelasan mengenai sanksi-sanksi hukum apabila melakukan praktek illegal logging.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Apr 2016 12:16
Last Modified: 26 Apr 2016 12:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28204

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo