UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PT. PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP BARANG JAMINAN DEBITUR YANG HILANG (Studi Kasus di PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban)

ANWAR, AHMAD FAISOL (2013) TANGGUNG JAWAB PT. PEGADAIAN (PERSERO) TERHADAP BARANG JAMINAN DEBITUR YANG HILANG (Studi Kasus di PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfaiso-32359-1-pendahul-n.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfaiso-32359-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai tanggung jawab PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban terhadap barang jaminan debitur yang hilang, dimana lokasi penelitian bertempat di Jl. Raya Tuban-Jenu Km.10 RT.01 RW.01 Desa Jenu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui, memahami dan mendeskripsikan tanggung jawab yang dilakukan oleh PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban terhadap barang jaminan debitur yang hilang serta untuk mengetahui, memahami, mengidentifikasi dan bagaimana proses upaya atau kendala yang dihadapi dalam memberikan ganti rugi atas hilangnya barang debitur. Metode yang digunakan yuridis sosiologis, yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadap kenyataan nyata di masyarakat atau lingkungan masyarakat yang dimaksud dan tujuan untuk menemukan fakta kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah kemudian menuju pada identifikasi masalah, pada akhirnya menuju kepada penyelesaian masalah, dengan lokasi penelitian di PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban. Adapun jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul tersebut dianalisa dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa tanggung jawab PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban kepada debitur adalah sesuai ketentuan undang-undang yaitu pasal 1157 ayat (1) KUHPerdata dan sesuai dengan SK. Direksi Nomor : 492/UG.2.00212/2011 tentang pedoman ganti rugi barang jaminan. Akan tetapi proses penyelesaian pemberian ganti kerugian kepada debitur tidak sesuai dengan pasal 10 ayat (4) dalam ketentuan SK. Direksi Nomor : 492/UG.2.00212/2011 tentang pedoman ganti rugi barang jaminan. Pasal 10 ayat (4) menyebutkan pemberian ganti rugi khusus kasus perampokan masa kerja Panitia maksimal 1 bulan untuk selanjutnya serahterimakan kepada panitia internal yang terdiri dari pemimpin cabang sebagai ketua dan 2 orang pejabat/pegawai sebagai anggota, hingga selesainya seluruh proses ganti rugi nasabah. Akan tetapi dalam proses pemberian ganti kerugian yang dilakukan PT. Pegadaian (Persero) UPC. Pasar Jenu Kab. Tuban kepada debitur dilakukan lebih dari 1 bulan, hal tersebut tercantum di dalam bukti perhitungan ganti kerugian dan bukti surat pernyataan ganti kerugian antara debitur dan pihak pegadaian. Sehingga banyak kendala yang dihadapi pihak pegadaian seperti banyaknya debitur yang kehilangan barang jaminannya yang berupa emas membuat pihak pegadaian harus bekerja keras untuk menginventarisir barang hilang milik debitur, hal tersebut memakan waktu lama dalam proses penggantian ganti rugi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:08
Last Modified: 26 Apr 2016 08:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo