UMM Institutional Repository

PERSEPSI PENGGUNA INTERNET (NETTER) MENGENAI PENGGUNAAN SITUS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Aktif Situs YouTube)

Rizal, David Bahtiyar (2012) PERSEPSI PENGGUNA INTERNET (NETTER) MENGENAI PENGGUNAAN SITUS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Aktif Situs YouTube). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-davidbahti-29318-1-pendahul-n.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-davidbahti-29318-2-babi.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Era new media memberikan suatu inovasi baru dalam dunia komunikasi, ditandai dengan muculnya internet dalam peradaban budaya manusia. Semenjak diciptakannya internet, maka dunia seakan melebihi kapasitas di luar ambang batas. Semua orang sekarang dapat berperan dalam menyiarkan seluruh hal di internet, bahkan tentang dirinya sendiri atau aktualisasi diri. Sehubungan dengan hal menyiarkan diri sendiri, maka secara tidak langsung kita akan tertuju pada situs YouTube.com. Situs yang memiliki slogan “Broadcast Yourself” ini juga sering dijadikan media aktualisasi diri oleh beberapa pengguna internet atau netter. Aktualisasi diri adalah sebuah kebutuhan yang pemenuhannya sesuai dengan bakat, kapasitas, dan potensi diri seseorang. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dibuat rumusan masalah penelitian yaitu “Bagaimanakah persepsi netter dalam penggunaan situs YouTube sebagai media aktualisasi diri”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pengguna internet atau netter terutama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang pengguna aktif situs YouTube mengenai penggunaan situs YouTube sebagai media aktualisasi diri. Dalam penelitian ini digunakan teori uses and gratification. Teori uses and gratification menekankan bahwa audience aktif nementukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Teori ini dianggap bisa menjadi acuan dalam menginterpretasikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini akan digunakan untuk menginterpretasikan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap informan penelitian. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa situs YouTube dapat menjadi salah satu media dalam pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri karena pengguna internet atau netter dapat mengunggah video berisi tentang apapun yang ingin mereka tampilkan atau aktualisasikan. Situs YouTube merupakan media yang dianggap sebagai salah satu faktor yang mendukung bagaimana kebutuhan aktualisasi diri terpenuhi, mereka tahu kebutuhan mereka dan bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diberikan rekomendasi terhadap penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian tentang segala sesuatu yang menarik dari internet khususnya Sedangkan rekomendasi lain dapat diberikan kepada pengguna internet atau netter diharapkan agar dapat memanfaatkan teknologi internet yang ada secara bijaksana karena menurut pendapat teori uses and gratification, konsumen media mempunyai kebebasan untuk memutuskan bagaimana (lewat media mana) mereka menggunakan media dan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:35
Last Modified: 26 Apr 2016 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28173

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo