UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN MOTIVASI PENGGUNA HANDPHONE BERBASIS BLACKBERRY DAN ANDROID Studi pada Anggota Komunitas Android Malang

Abidin, Muhammad Zainal (2012) PERBANDINGAN MOTIVASI PENGGUNA HANDPHONE BERBASIS BLACKBERRY DAN ANDROID Studi pada Anggota Komunitas Android Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadza-29319-1-pendahul-n.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadza-29319-2-babi.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan dunia teknologi komunikasi yang menghasilkan keberagaman media baru. Salah satu jenis media yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah handphone Blackberry. Namun di tengah pesatnya penggunaan Blackberry di kalangan masyarkat, handphone berbasis Android hadir dengan menawarkan alternatif dalam menggunakan media yang berbeda. Meskipun belum mampu menyaingi jumlah pengguna Blackberry di Indonesia, namun pengguna Android terus meningkat dari waktu ke waktu. Pemilihan media di antara kedua jenis handphone ini didasari oleh dorongan atau motivasi tertentu dan setiap pengguna menyadari betul bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan mereka. Maka fenomena yang ingin diteliti adalah motivasi pengguna handphone berbasis Blackberry dan Android. Motivasi merupakan dorongan manusia untuk bertingkah laku dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Dalam kaitannya dengan penggunaan media, motivasi diidentifikasikan menjadi lima poin: kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Kelima hal tersebut menjadi fokus utama yang akan dideskripsikan dalam penelitian ini, terkait dengan penggunaan handphone Blackberry dan Android dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menentukan subyek penelitian dengan menggunakan tehnik purposive sampling, subyek penelitian diambil dari anggota Komunitas Android Malang. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang diambil dari aktivitas subyek dalam menggunakan handphone Blackberry dan Android. Setelah data diperoleh, selanjutnya peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman, dengan langkah reduksi data, display data dan conclusion drawing. Kemudian dalam menguji validitas data, peneiliti menggunakan triangulasi data, yaitu membandingkan hasil data yang diperoleh dari ketiga metode penelitian yang telah dilakukan. Dari penelitian ini, peneliti menemukan sebuah kesimpulan yang jelas tentang bagaimana motivasi yang mendasari pengguna dalam menggunakan kedua handphone mereka. Terdapat perbedaan motivasi dalam menggunakan Blackberry dan Android. Handphone Blackberry cenderung digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pengguna secara umum. Meskipun hanya satu jenis kebutuhan yang terpenuhi pada handphone Blackberry, namun pengguna merasa sangat terikat dengan Blackberry karena seluruh relasi telah terbentuk secara kuat melalui Blackberry. Sedangkan Android dapat memenuhi hampir seluruh aspek kebutuhan, namun pengguna merasa tidak terlalu terikat dengan Android karena kebutuhan-kebutuhan tersebut bukanlah kebutuhan yang utama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:32
Last Modified: 26 Apr 2016 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo