UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL SECARA E-FILLING SYSTEM (Studi di Kementrian Hukum dan HAM Surabaya)

AGASWARA, REZA (2013) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL SECARA E-FILLING SYSTEM (Studi di Kementrian Hukum dan HAM Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezaagaswa-31294-1-pendahul-n.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezaagaswa-31294-2-babi.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Hak Atas Kekayaan Intelektual (selanjutnya disebut HAKI) merupakan hak atas kekayaan Intelektual yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia. HAKI memang menjadikan karya-karya yang timbul atau lahir karena adanya kemampuan intelektual manusia yang harus dilindungi. Secara umum, bahwa tersedianya layanan atas sistem HKI yang transparan, akuntabel, cepat, sederhana, akurat, dan ekonomis sangatlah diharapkan oleh pemohon/kuasa sistem Hak Kekayaan Intelektual seperti dinegara-negara maju contohnya saja negara Jepang sudah melakukan pendaftaraan melalui internet atau disebut juga E-Filling Sistem. Dalam upaya menyediakan layanan yang ideal itu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi (Kemenkumham) Surabaya perlu pula didukung oleh administrasi, penegakan hukum serta program sosialisasi yang optimal tentang hak kekayaan intelektual. Bagaimana prosedur-prosedur mendaftarkannya, dimana masyarakat masih ada yang belum mengerti bagaimana dan harus kemana mereka mendaftarkan, yang dimana saat ini pun menggunakan sistem baru yaitu E-Filling yang mengutamakan First to File sehingga mendapatkan kedudukan hukum pemohon pelaksanaan yang berbeda bilamana pemohon atau masyarakat mendaftarkan ke Dirjen HaKI secara langsung. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis sosiologis yang dimana saya secara langsung terjun kelapangan untuk melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan agar mendapatkan data maupun bahan-bahan untuk menyelesaikan penulisan skripsi ini. Hasil yang saya terima dari penelitian ini adalah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Surabaya bahwa salah satu instansi negara yang dapat memprosesnya suatu pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual, kewenangan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Surabaya adalah sebagai Front Office dari Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual, sehingga Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Surabaya dapat memproses, mendata, pengecekan, dan membantu para pelaku usaha, perusahaan, ataupun perseorangan untuk pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual melalui sitem E-Filling. Setelah proses E-Filling telah selesai maka pihak pemohon/kuasa tersebut mendapatkan tanda terima atau nomer surat permohonan atas pendaftaran tersebut, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Surabaya kantor wilayah Jatim mengutamakan sistem First To File dimana nantinya seorang pemohon mendapatkan Filing Date berbeda dengan halnya kedudukannya bilamana dengan pemohon mendaftarkan secara langsung ke Dirjen HaKI dikarenakan filling date yang diterima berbeda kode dengan Dirjen HaKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 04:15
Last Modified: 26 Apr 2016 04:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo