UMM Institutional Repository

MODEL KOMUNIKASI DALAM PROSES FASILITASI COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan di Kelurahan Ngaglik Kota Batu)

Syahjohan, Harris (2012) MODEL KOMUNIKASI DALAM PROSES FASILITASI COMMUNITY DEVELOPMENT (Studi Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan di Kelurahan Ngaglik Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harrissyah-29320-1-pendahul-n.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harrissyah-29320-2-babi.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Permasalahan kemiskinan di masyarakat saat ini tidak hanya dilihat sebagai masalah ekonomi semata, melainkan juga sebagai masalah yang muncul akibat dari degradsi sosial, budaya serta psikologi di masyarakat itu sendiri. Persoalan lainnya pada kemiskinan adalah tidak adanya akses dari masyarakat miskin untuk berkembang menjadi masyarakat yang mandiri. Maka dari itu, saat ini banyak bermunculan program-program sosial pembangunan maupun corporate sosial responsibility (CSR) dari sebuah perusahaan yang memberikan akses-akses sosial maupun ekonomi pada masyarakat miskin untuk berkembang. Konsep pembangunan yang bertumpu pada peran aktif dari masyarakat ini, tidak dapat di hindarkan dari proses komunikasi yang komprehensif dalam pendekatan ke masyarakat. Atas dasar itulah, peneliti tertarik untuk meneliti “Model Komunikasi dalam Proses Fasilitasi Community Development”. Lebih lanjut peneliti tertarik meneliti program nasional yang di gulirkan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, peneliti memilih Kota Batu yang dilihat cukup dinamis dalam kehidupan masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menentukan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ngudi Mulyo kelurahan Ngaglik kota Batu. Subjek penelitian ini adalah fasilitator yang bersinggungan langsung dalam proses fasilitasi kepada masyarakat melalui BKM. Selain fasilitator, peneliti juga mewawancarai Askot bidang community development, serta coordinator dan sekretaris BKM Ngudi Mulyo. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan conclusing drawing. Sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan model komunikasi yang digunakan oleh fasilitator kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) menggunakan model komunikasi dua-arah (model sirkuler). Berdasarkan dari model yang digambarkan oleh Schramm, kedudukan antara fasilitator dan BKM adalah setara sehingga komunikasi berjalan dua arah melalui forum-forum komunikasi yang informal. Sedangkan proses sosialisasi kepada masyarakat oleh BKM dilakukan dengan menyasar pada kelompok-kelompok masyarakat. Proses komunikasi kelompok ini menggunakan tokoh-tokoh (opinion leader) sebagai perantara pesan kepada masyarakat. Sehingga penolakan dari masyarkat sangat minim dan penyampain informasi berjalan efektif dan mudah diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 03:06
Last Modified: 26 Apr 2016 03:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28158

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo