UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIENS MELAKUKAN ZAPPING DI TELEVISI (Studi pada warga RT.03 RW.05 Kelurahan Ciptomulyo Malang)

Rindayani, Weni (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIENS MELAKUKAN ZAPPING DI TELEVISI (Studi pada warga RT.03 RW.05 Kelurahan Ciptomulyo Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wenirinday-29340-1-pendahul-n.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wenirinday-29340-2-babi.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan media massa paling populer di setiap kalangan. Karena siaran televisi mampu menjangkau hampir seluruh wilayah indonesia, dan untuk mengkonsumsinya tidak memerlukan biaya. Televisi menjadi lahan beriklan bagi perusahaan dalam mempromosikan produknya. Kemampuan televisi menyajikan gambar dan suara membuat televisi menjadi media yang ideal dalam beriklan. Banyaknya program acara dan iklan membuat audiens punya banyak pilihan ketika menonton televisi. Apalagi dengan hadirnya remote control, audiens semakin sering menggunakannya untuk memindah-mindah saluran televisi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dalam penelitian ini rumusan masalah yang akan diteliti adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi audiens melakukan zapping di televisi. Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi audiens melakukan zapping di televisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification. Teori ini menekankan pada pendekatan media dan audiens aktif. Dimana Teori ini mencoba menjelaskan tentang bagaimana audiens memilih media yang mereka inginkan. Ada dua faktor dalam penelitian ini, yaitu faktor psikologis (yang oleh peneliti diasumsikan sebagai motif, karena motif merupakan dorongan dari dalam diri audiens) dan faktor sosiologis (yaitu kondisi di luar audiens yang menyebabkan melakukan zapping ketika menonton televisi). Faktor psikologis dalam penelitian ini meliputi kognitif (kebutuhan akan informasi), diversi (kebutuhan akan hiburan), integrasi personal (pengukuhan jati diri) dan interaksi sosial (mengakrabkan diri dengan orang lain. Sedang faktor sosiologis meliputi suasana ketika menoton televisi dan jam tayang. Metode penelitiannya adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Tipe penelitiannya adalah jenis penelitian deskriptif. Tipe jenis riset ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis. Populasi dalam penelitian ini adalah audiens yang melakukan zapping saat menonton televisi. Teknik samplingnya menggunakan teknik sampling random sederhana. Dari teknik sampel yang diambil, maka dapat diperoleh sampel dalam penelitian ini sebesar 51 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan koesioner dan dokumentasi. Setelah data didapat, selanjutnya akan dianalisis dengan menyusun distribusi frekuensi. Tabel tersebut diperoleh melalui tabulasi sederhana yang hasilnya dalam bentuk prosentase. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan tendensi sentral dengan bentuk mean. Dari hasil penelitian ini diketahui nilai rata-rata pada faktor psikologis sebesar 4,18 dan masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada faktor sosiologis sebesar 3,31 dan masuk pada kategori sedang. Jadi, faktor yang lebih kuat mempengaruhi audiens melakukan zapping adalah faktor psikologis. Dari pertanyaan terbuka didapatkan kesimpulan bahwa iklan kartu seluler merupakan iklan yang menyebabkan audiens memindah channel dan iklan produk baru merupakan iklan yang menyebabkan audiens menunda memindahkan channel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:58
Last Modified: 26 Apr 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo