UMM Institutional Repository

Eksistensi Kulkul Sebagai Media Komunikasi Tradisional (Studi Pada Kelian Adat Banjar Batu Bintang Kelurahan Dauh Puri Kelod Denpasar Barat)

Caksono, Agus Aditya Arief (2012) Eksistensi Kulkul Sebagai Media Komunikasi Tradisional (Studi Pada Kelian Adat Banjar Batu Bintang Kelurahan Dauh Puri Kelod Denpasar Barat). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusaditya-29341-1-pendahul-n.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agusaditya-29341-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada eksistensi kulkul yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luar Bali dikarenakan belum diperkenalkan secara luas. Banjar Batu Bintang salah satunya yang masih melestarikan kulkul sebagai media komunikasi tradisional. Maka Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Eksistensi Kulkul Sebagai Media Komunikasi Tradisional di Banjar Batu Bintang Kelurahan Dauh Puri Kelod Denpasar Barat. Speech Code adalah teori yang dikemukakan oleh Gery Philipsen, mendefinisikan speech code sebagai serangkaian pemahaman khusus dalam sebuah budaya tentang apa yang dinilai sebagai komunikasi, signifikasi bentuk tersebut dapat dipahami, dan bagaimana ditunjukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Banjar Batu Bintang Dauh Puri Kelod Denpasar Barat pada tanggal 30 april sampai dengan 10 Juni 2012. Sedangkan teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asal usul kulkul yaitu memukul atau bunyi sehingga dimaknai sebagai alat yang menghasilkan bunyi-bunyian. Nilai yang terkandung dalam kulkul yaitu nilai religius, nilai sosial dan nilai budaya. Kelian Adat Banjar Batu Bintang Dauh Puri Kelod Denpasar Barat ditunjuk sebagai komunikator komunikasi yang menyampaikan pesan berupa makna, nilai, keterkaitan dengan agama dan cara pelaksanaan eksistensi kulkul sebagai media komunikasi tradisonal. Penyampaian pesan tersebut memudahkan pertemuan Kelian Adat Banjar dengan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan atau aktivitas keagamaan di Banjar Batu Bintang. Kelian Adat Banjar sebagai penyampai pesan menggunakan bahasa halus daerah Bali. Dalam pelaksanaannya tidak mendapatkan hambatan dari berbagai pihak karena semua pihak yang terlibat maupun warga Banjar Batu Bintang mengerti akan kode-kode atau isyarat dan mendukung melestarikan budaya kulkul. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kulkul masih tetap eksis hingga saat ini karena berkaitan dengan nilai religius yaitu sebagai penunjang peribadahan umat Hindu di Bali, nilai sosial sebagai sarana komunikasi masyarakat setempa, dan nilai budaya yang mampu menarik minat wisatwan. Kepedulian masyarakat Banjar Batu Bintang terhadap kulkul dibuktikan dengan penyelenggaraan piodalan atau upacara untuk memperingati hari jadi kulkul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:44
Last Modified: 26 Apr 2016 02:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28147

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo