UMM Institutional Repository

PROSES PENCITRAAN INSTITUSI KEPOLISIAN MELALUI INFORMASI PUBLIK StudiPadaKepolisian Resort Batu

Maladevi, Artika Ayusinom (2012) PROSES PENCITRAAN INSTITUSI KEPOLISIAN MELALUI INFORMASI PUBLIK StudiPadaKepolisian Resort Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artikaayus-29342-1-pendahul-n.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-artikaayus-29342-2-babi.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena beragamnya penilaian terhadap aparat kepolisian di masyarakat. Menurut kaca mata orang komunikasi, penilaian tersebut merupakan sebuah pencitraan yang melekat pada aparat kepolisian. Berdasarkan penelitian awal diperoleh kesimpulan bahwa pencitraan tersebut dilakukan oleh bagian Humas (Hubungan Masyarakat).UU RI No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Bab I pasal 5 (1) menerangkan bahwa polisi berperan memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hokum maka, pencitraan polisi sebagai pedoman masyarakat menjadi sangat perlu dilakukan. Kepolisian resort Batu dalam menjalankan perannya juga melakukan hal yang tidak biasa, contohnya ialah membagikan helm dan bunga untuk menyampaikan tertib berlalu lintas pada masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini tertarik untuk mengaji proses pencitraan yang dilakukan institusi tersebut melalui informasi publik. Untuk memperoleh pengetahuan yang lengkap maka, penelitian ini dilakukan terhadap humas kepolisian resort Batu. Pencitraan merupakan kegiatan public relations memelihara dan membangun pandangan positif orang terhadap perusuhaan, lembaga atau institusi pada umumnya. Citra sendiri adalah cara bagaimana pihak lain memandang sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite, atau suatu aktivitas (Katz). Proses pencitraan penting dilakukan untuk mengarahkan pandangan positif masyarakat terhadap perusahaan, lembaga atau institusi. Pandangan positif tersebut merupakan citra yang diinginkan setiap perusahaan, lembaga atau institusi. Citra yang diinginkan tersebut merupakan jenis citra harapan (wish image). Citra harapan (wish image) adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen (Frank Jefkins).Untuk mewujudakan itu maka, dilakukan proses pencitraan dengan bentuk kualitas jasa pelayanan yang telah diberikan, nilai kepercayaan dan merupakan “amanah” dari publiknya, serta godwill (kemauan baik) yang ditampilkan oleh lembaga/perusahaan bersangkutan (Rosady Ruslan). Melalui strategi penelitian kualitaif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi maka data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Oleh karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif maka jenis penelitian yang sesuai adalah deskriptif. Analisis data dengan menggunakan triangulasi metode adalah menguji hasil wawancara dengan hasil observasi. Sedangkan triangulasi sumber adalah menanyakan informasi tertentu pada responden yang berbeda atau antara responden dan dokumentasi. Hasil penelitian pada bagian Humas dan Binmas di kepolisian resort (Polres) Batu menunjukkan proses pencitraan melalui informasipublik dilakukan oleh semua fungsi. Tetapi, yang menjembatani proses pencitraan fungsi-fungsi tersebut adalah humas sebagai penentu citra positif bagi institusinya. Setelah melewati proses tersebut kemudian dilakukanlah pencitraan dengan melakukan publikasi, pelayanan atau sebagai pemateri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses pencitraan melalui informasi publik Polres Batu merupakan proses yang cukup mudah dan singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:40
Last Modified: 26 Apr 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28145

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo