UMM Institutional Repository

CITRA PEREMPUAN BERCADAR DALAM FILM (Analisis Semiotika Pada Film Khalifah Karya Nurman Hakim 2011)

Handiyani, Suri (2012) CITRA PEREMPUAN BERCADAR DALAM FILM (Analisis Semiotika Pada Film Khalifah Karya Nurman Hakim 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-surihandiy-29343-1-pendahul-n.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-surihandiy-29343-2-babi.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia perfilman yang semakin pesat ini telah membantu dalam memberikan pemahaman tentang realitas yang berada di masyarakat. Namun pada tahun 2008 muncul film yang bergenre Islami. Film yang bergenre Islami ini dibuat kental sekali kaitannya dengan cinta perempuan dan Islam. Namun, di akhir tahun 2011 muncul film bergenre Islami tetapi lebih kepada tentang citra dia sebagai perempuan yang menggunakan pakaian yang sangat kontroversi yaitu bercadar. Dalam film ini karakter tokoh disajikan menarik dengan berbagai konflik yang terjadi ketika Khalifah mulai mengenakan cadar, yang menyebabkan perubahan besar dalam hidupnya. Selain itu dalam film ini, citra cadar ditampilkan lebih ekstrem dengan tanggapan dan penilaian masyarakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membongkar citra perempuan bercadar dalam film Khalifah karya Nurman Hakim. Penelitian ini menggunakan pendekatan interpretatif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah memaparkan citra perempuan bercadar dalam film Khalifah ini. Teknik pengumpulan data untuk data primer yaitu menggunakan dokumen video film Khalifah, dan untuk data sekunder, peneliti akan mengumpulkan data dari literatur-literatur. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan analisis semiotik Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan bercadar dalam film Khalifah ditampilkan bahwa perempuan bercadar diduga istri teroris, perempuan bercadar dipandang negatif yaitu sebagai sesuatu yang aneh, mengerikan bagi anak-anak, bahkan sebagai hal lucu bagi sebagian orang. Citra perempuan bercadar juga tergambarkan perempuan tanpa ekspresi,tidak dikenal orang karena wajah tertutup dan terkait poligami. Selain itu dari musik yang ditampilkan adalah musik khas timur tengah yang menjelaskan bahwa ini bukan semata-mata Islam, tetapi cadar adalah budaya timur tengah, selain itu ditujukkan juga dengan key word parfum, siwak dan barang-barang yang dijual berasal dari Arab. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu citra perempuan bercadar yang terbentuk dalam film Khalifah ini sangat beragam terlepas dari Islam dan Timur Tengah. Disarankan bagi masyarakat untuk memperbanyak referensi ketika menonton sebuah film agar tidak terjebak, karena belum tentu representasi yang ditampilkan sesuai dengan realitas yang ada. Selain itu disarankan bagi peneliti yang akan meneliti film ini untuk lebih memahami pakaian cadar dalam masyarakat sehingga hasil penelitian dapat lebih valid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:35
Last Modified: 26 Apr 2016 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo