UMM Institutional Repository

STRATEGI HUMAS TAMAN REKREASI SENGKALING DALAM MENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Pada Humas Tamn Rekreasi Sengkaling Periode 2010 - 2012)

Krisanti, Nadia (2012) STRATEGI HUMAS TAMAN REKREASI SENGKALING DALAM MENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Pada Humas Tamn Rekreasi Sengkaling Periode 2010 - 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadiakrisa-29344-1-pendahul-n.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadiakrisa-29344-2-babi.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini sangat ketat persaingannya baik untuk produk maupun jasa sehingga strategi-strategi untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan jumlah pelanggan sangat perlu mendapat perhatian ekstra dari pihak perusahaan. Seperti halnya bisnis tempat rekreasi yang semakin banyak di kota Malang pada khususnya. Sejalan dengan hal tersebut, maka akan muncul tantangan bagi Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) untuk membuat inovasi-inovasi baru agar tidak ditinggal pengunjung. Rumusan masalah yang muncul dari latar belakang tersebut adalah bagaimana strategi humas TRS dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Adapun tujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang akan dilakukan TRS untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif, yaitu memberikan gambaran, dengan tidak berupaya untuk menguji teori atau menarik kesimpulan tertentu berkaitan dengan penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar , dan bukan angka-angka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan cara key person untuk mendapatkan informan yang dianggap sebagai juru kunci mengenai permasalahan humas TRS. Data diambil dari hasil wawancara dengan pihak humas TRS, serta observasi yang dilakukan oleh peneliti dan beberapa dokumen yang ada di TRS.. Dari hasil analisis penelitian tersebut, strategi yang digunakan humas TRS merupakan strategi persuasif, di mana humas TRS menyampaikan informasi atau pesan berdasarkan pada kebutuhan atau kepentingan masyarakat sebagai sasarannya serta berusaha untuk mempengaruhi agar mereka membeli produknya. Dalam hal ini, humas juga sebagai komunikator sekaligus mediator berupaya membentuk sikap dan pendapat yang positif dari masyarakat, serta mendorong public untuk berperan serta dalam aktifitas perusahaan atau organisasi agar tercipta perubahan sikap dan penilaian. Hal ini terlihat pada seringnya event-event yang diadakan oleh TRS atau perusahaan-perusahaan atau EO yang secara tidak langsung juga telah terlibat untuk mempromosikan produk TRS. Untuk media yang digunakan itu sendiri TRS melakukan publikasi melalui media massa seperti Koran Radar Malang, media elektronik seperti radio KDS 8. Selain itu, strategi magnetis juga diterapkan. Di mana humas TRS berusaha untuk menarik pengunjung untuk datang ke TRS dengan berbagai macam event yang diadakan., seperti live music dangdut dibintangi oleh O.M New Palapa. Dengan tujuan pengunjung berdatangan seperti tertarik magnet dan datang ke TRS. Strategi yang telah dilakukan diharapkan mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk TRS dengan semua sarana & prasarananya sehingga jumlah pengunjung juga meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:27
Last Modified: 26 Apr 2016 02:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo