UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI ENDORSER PADA IKLAN SARIMI VERSI DUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MASYARAKAT PADA PRODUK SARIMI (Studi pada Masyarakat Perum Puri Kartika Asri Arjowinangun, Malang)

PRATAMA, PUTRA RIYAN ARYSTA (2012) PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITI ENDORSER PADA IKLAN SARIMI VERSI DUA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MASYARAKAT PADA PRODUK SARIMI (Studi pada Masyarakat Perum Puri Kartika Asri Arjowinangun, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrariyan-29353-1-pendahul-n.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrariyan-29353-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penggunaan selebriti pada iklan atau produk audio visual lain bukan merupakan hal yang baru terlebih lagi penggunaan selebriti yang sedang naik daun. Ayu ting-ting, Sule, Sm*sh, Soimah, atau artis-artis yang lain yang sedang naik daun sering kita jumpai muncul sebagai ikon pada iklan di media massa. Penggunaan selebriti tersebut biasa disebut sebagai celebrity endorser. Penggunaan selebriti tersebut semata mata untuk membangun dan menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan selebriti endorser pada iklan Sarimi versi dua terhadap keputusan membeli masyarakat pada produk Sarimi. Menurut Shimp (2002:455) definsi celebrity endorser adalah memanfaatkan seorang artis, entertainer, atlet, dan publik figur yang diketahui oleh orang banyak untuk keberhasilan dibidangnya masing-masing dari bidang yang didukung. Pengertian keputusan pembelian, menurut Kotler & Armstrong (2001: 226) adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli di mana konsumen benar - benar membeli. Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan. Adapun definisi operasional dalam penelitian ini terbagi kedalam dua variabel yaitu variabel X (penggunaan selebriti endorser) dan variabel Y (keputusan membeli). Tipe yang digunakan dalam peneliti ini adalah eksplanatori. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian adalah warga perum Puri Kartika Arjowinangun RT 01 s/d 04 yang telah memenuhi kriteria populasi yang ditemukan sebanyak 83 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampel yaitu mengambil jumlah keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel yaitu sebanyak 83 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, maka penelitian ini dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan selebriti endorser pada iklan Sarimi terhadap keputusan membeli masyarakat pada produk sarimi dengan besarnya pengaruh 0,111 setiap satu satuan peningkatan variabel penggunaan selebriti endorser terhadap keputusan membeli produk. Nilai korelasi atau tingkat hubungan dari kedua variabel tersebut adalah 0,099 dengan nilai determinasi atau sumbangan efektif variabel X kepada variabel Y sebanyak 0,010 atau 10%. Yang artinya keputusan membeli dipengaruhi oleh penggunaan celebrity endorser pada iklan sebanyak 10% sedangkan sisanya sebanyak 90% adalah variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:17
Last Modified: 26 Apr 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo