UMM Institutional Repository

TINJAUAN TENTANG PASAL 71 AYAT 1 HURUF D DAN AYAT 3 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN TERHADAP WAJIB LAPOR KENDARAAN BERMOTOR DI LUAR WILAYAH REGISTRASI PROVINSI JAWA TIMUR YANG DIGUNAKAN SECARA TERUS MENERUS LEBIH DARI 3 BULAN DI KOTA MALANG (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polresta Malang)

SHERLYANA, IKA WAHYUNI (2013) TINJAUAN TENTANG PASAL 71 AYAT 1 HURUF D DAN AYAT 3 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN TERHADAP WAJIB LAPOR KENDARAAN BERMOTOR DI LUAR WILAYAH REGISTRASI PROVINSI JAWA TIMUR YANG DIGUNAKAN SECARA TERUS MENERUS LEBIH DARI 3 BULAN DI KOTA MALANG (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikawahyuni-31562-1-pendahul-n.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikawahyuni-31562-2-babi.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di kota Malang menyebabkan kemacetan lalu lintas meningkat di kota Malang. Dengan demikian diharapkan kepada petugas Kepolisian kota Malang untuk berupaya melaksanakan aturan Pasal 71 ayat 1 huruf d dan ayat 3 tentang wajib lapor kendaraan bermotor yang beroperasi di luar wilayah registrasi kendaraan selama lebih dari 3 bulan terutama di kota Malang. Untuk itu peneliti tertarik meneliti kinerja yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota dalam upaya melaksanakan wajib lapor kendaraan bermotor. Rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana Penerapan Pasal 71 ayat 1 huruf d dan ayat 3 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap wajib lapor kendaraan bermotor di luar wilayah registrasi Provinsi Jawa Timur yang digunakan secara terus menerus lebih dari 3 bulan di kota Malang?. (2) Bagaimana tindakan hukum Polresta Malang terhadap kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan wajib lapor kendaraan bermotor di luar wilayah registrasi Provinsi Jawa Timur yang digunakan secara terus menerus lebih dari 3 bulan di kota Malang?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan yuridis sosiologi. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah hukum Polres Malang Kota. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknis deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pada dasarnya Polres Malang Kota belum berupaya secara aktif untuk melakukan berbagai bentuk sosialisasi dalam rangka penerapan aturan dari berbagai lapisan masyarakat tentang adanya wajib lapor kendaraan bermotor. (2) Belum ada tindakan hukum yang dilakukan kepolisian karena tidak ada dasar hukum yang mengatur sanksi bagi masyarakat yang tidak melakukan wajib lapor. Kesimpulannya wajib lapor kendaraan bermotor di wilayah hukum kota Malang masih belum efektif dan maksimal, untuk itu di perlukan adanya kerjasama secara aktif dari kepolisian dengan instansi lainnya dan tindakan hukum kepolisian secara edukatif dan yuridis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:06
Last Modified: 26 Apr 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo