UMM Institutional Repository

TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Studi Pada Guru Kelas Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Luhur Malang

PUTRA, TEGUH SETIAWAN HUDORI (2012) TEKNIK KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Studi Pada Guru Kelas Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Bhakti Luhur Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teguhsetia-29364-1-pendahul-n.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teguhsetia-29364-2-babi.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dan anggapan masyarakat bahwa anak berkebutuhan khusus itu berbahaya karena tidak jarang menyakiti orang lain. Sehingga anak berkebutuhan khusus ini sering dikucilkan oleh masyarakat. Seperti pada anak tunagrahita yang dianggap ‘gila’ karena dianggap tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Kebanyakan orang tua tidak sanggup merawat anak berkebutuhan khusus tersebut, sehingga tidak sedikit dari mereka yang menyerahkan anaknya ke sekolah luar biasa. Dari fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana cara guru mendidik dan membentuk perilaku anak berkebutuhan khusus. Dalam pembentukan perilaku, tidak terlepas dari komunikasi. Dengan beragamnya karakter anak, maka tentunya guru menggunakan teknik komunikasi yang berbeda pula. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik komunikasi yang digunakan oleh guru dalam membentuk perilaku anak berkebutuhan khusus, beserta dampaknya pada anak. Teknik komunikasi adalah cara atau seni penyampaian suatu pesan yang dilakukan oleh komunikator sedemikian rupa, sehingga menimbulkan dampak tertentu pada komunikan. Dampak tersebut adalah dampak kognitif, afektif dan behavioral. Adapun konsep-konsep teknik komunikasi yang digunakan adalah teknik komunikasi persuasif, teknik komunikasi informati, teknik komunikasi instruktif dan teknik komunikasi koersif. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, diharapkan penelitian ini mampu memaparkan serangkaian persitiwa tentang pembentukan perilaku anak berkebutuhan khusus. Didukung dengan subjek dan lokasi penelitian yang sesuai, yakni guru Sekolah Dasar Bhakti Luhur Malang. Dengan wawancara terbuka, observasi non-partisipan dan dokumentasi, maka peneliti mampu mengumpulkan data yang dibutuhkan. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan penelitian ini, dapat diuji dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa berkomunikasi dengan anak berkebutuhan khusus tidaklah semuda dengan anak normal lainnya. Begitu juga dengan anak tunagrahita memiliki kemampuan daya tangkap yang berbeda-beda, perlu menggunakan komunikasi antarpersonal agar pesan dapat diterima dan dimengerti oleh masing-masing anak. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar pun guru kelas tunagrahita menggunakan program pembelajaran individu. Sedangkan untuk membentuk perilaku anak berkebutuhan khusus tunagrahita, guru dapat menggunakan teknik komunikasi, yang mana teknik komunikasi persuasif, instruktif dan koersif lebih sering digunakan oleh guru. Sedangkan teknik komunikasi informatif digunakan untuk menghasilkan dampak kognitif, yakni meningkatkan IQ anak. Mata pelajaran bina diri juga berperan serta dalam membentuk perilaku anak. Tetapi mata pelajaran ini tidak diajarkan sesering mengajar mata pelajaran umum lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk menambah jam mata pelajaran bina diri guna membantu perkembangan perilaku anak. Dengan bekerja sama dengan orang tua atau suster perawat, maka akan dapat membantu anak membiasakan diri dengan perilaku yang telah diajarkan tersebut. Sedangkan saran akademis untuk peneliti selanjutnya, dapat melakukan studi komparasi teknik komunikasi antara anak tunagrahita dengan anak berkebutuhan khusus lainnya agar penelitian ini menjadi lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:01
Last Modified: 26 Apr 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28120

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo