UMM Institutional Repository

PENGGAMBARAN PESAN SOSIAL DALAM FILM YANG DIANGKAT DARI SEBUAH NOVEL (Analisis Isi Film Sang Pemimpi Karya Riri Reza)

Suryo P.S.P, Nugroho (2012) PENGGAMBARAN PESAN SOSIAL DALAM FILM YANG DIANGKAT DARI SEBUAH NOVEL (Analisis Isi Film Sang Pemimpi Karya Riri Reza). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nugrohosur-29365-1-pendahul-n.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nugrohosur-29365-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Sebuah film yang menggambarkan kegigihan tiga orang sahabat dalam menjalani kehidupan. Film ini dikutip dari sebuah novel yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel Sang Pemimpi ini adalah kelanjutan dari novel sebelumnya yang berjudul Laskar Pelangi menceritakan tentang sekelompok anak SD di Belitong. Ditengah kesusaan perekonomian tetapi mereka tetap berusaha untuk bersemangat menuntut ilmu demi menggapai impian-impian mereka untuk pergi keparis. Jenis Penelitian ini yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah analisis isi. Dengan pendekatan Kuantitatif. Alasan menggunakan analisis isi karena akan memperoleh suatu hasil atau pemahaman terhadap berbagai isi pesan komunikasi yang disampaikan oleh media massa atau sumber informasi yang lain secara objektif dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis isi (content analysis) menunjukkan bahwa untuk frekuensi isi pesan sosial film Sang Pemimpi diperoleh hasil sebesar 0,4379 degan Pi indeks yaitu sebesar 96,4%, adapun untuk isi pesan sosial film Sang Pemimpi menurut koder 1 diperoleh hasil sebesar 0,470 dengan Pi indeks yaitu sebesar 96,4% sedangkan untuk koder 2 diperoleh hasil sebesar 0,420 dengan Pi indeks yaitu sebesar 96,9%. Berdasarkan hasil tersebut maka apabila dibandingkan dengan standar reliabilitas yang mutlak namun menurut Wimmer dan Dominick, ambang penerimaan yang sering digunakan adalah 0,75 untuk menggunakan Pi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan menunjukkan hasil diatas 0,75 maka penelitian ini layak dan reliabel untuk diteliti. Dari hasil penelitian untuk selalu bersikap selektif dengan adanya berbagai judul film yang telah beredar di masyarakat selama ini sehingga film tersebut memberikan manfaat dan pesan moral yang baik sehingga manfaat positif dari sebuah film dapat diperoleh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:58
Last Modified: 26 Apr 2016 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28118

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo