UMM Institutional Repository

ANALISIS KRIMINOLOGIS TERHADAP KETERLIBATAN WANITA DALAM PEREDARAN NARKOBA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polresta Malang)

ASHOBIRIN, IKRAM (2013) ANALISIS KRIMINOLOGIS TERHADAP KETERLIBATAN WANITA DALAM PEREDARAN NARKOBA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikramashob-31569-1-pendahul-n.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikramashob-31569-2-bab1.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupa membahas tentang keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba. Hal ini disebabkan dewasa ini perkembangan peredaran narkoba semakin menunjukkan variasinya dimana dalam kegiatan yang bertentangan dengan hukum tersebut wanita dilibatkan. Sebagai landasan pembahasan akan dilakukan penelitian secara sosiologis. Pembahasan yang akan dilakukan adalah tentang faktor-faktor yang menyebabkan wanita terlibat dalam peredaran narkoba ditinjau dari segi kriminologi. Bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba, upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba. Setelah dilakukan pembahasan maka diberikan kesimpulan bahwa : Bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika pada dasarnya adalah sebagai kurir narkoba. Bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam narkotika tersebut disebabkan posisi tawar perempuan yang sangat rendah terhadap laki-laki (pacar atau suami, dan komplotannya), karena perempuan itu membutuhkan uang, atau sudah dipenuhi segala kebutuhan materinya, dengan kata lain dibuat menjadi tergantung, maka wanita tidak mampu menolak permintaan laki-laki. Faktor-faktor yang menyebabkan wanita terlibat dalam peredaran narkoba ditinjau dari segi kriminologi adalah: Faktor ekonomi, dimana wanita menjadikan kegiatan pengedaran narkoba sebagai mata pencarian yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya, Upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba adalah: Memberikan sosialisasi kepada wanita tentang bahaya yang dapat dicapai dalam penggunaan narkoba, Memberdayakan wanita dalam kegiatan-kegatan positif dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi wanita dan melakukan penegakan hukum secara konsisten dengan penerapan hukuman maksimal kepada pelaku pengedaran narkoba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:57
Last Modified: 26 Apr 2016 01:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo