NINGTYAS, MARIA VALENTINA DWI AYU (2012) ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN YANG DILAKUKAN OLEH PUBLIC RELATIONS GARUDA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN Study pada Konsumen Maskapai Penerbangan GARUDA INDONESIA di Banjarmasin. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-mariavalen-29366-1-pendahul-n.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-mariavalen-29366-2-babi.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan jasa pelayanan maskapai penerbangan di Indonesia dari tahun ketahun semakin menjadi perhatian masyarakat luas. Hal tersebut dapat dilihat dari ketatnya persaingan pelayanan, harga, dan promosi yang ditawarkan berbagai maskapai penerbangan. Setiap maskapai berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya, agar mereka dapat menggunakan kembali / loyal pada maskapai yang sama jika akan berpergian menggunakan pesawat terbang. Hal ini dilakukan oleh setiap perusahaan untuk menjaga citra dan reputasi perusahaan tersebut agar mejadi maskapai terbaik di Indonesia. Berkaitan kondisi tersebut, perusahaan harus menciptakan suatu kepuasan pada konsumennya. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif (descriptive reaserch) yaitu suatu metode yang dilakukan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau area populasi tertentu yang bersifat faktual secara system dan aktual. Hasil penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara yang mendalam dilakukan pada tanggal 15 Maret s/d 16 April 2012 dengan subyek penelitian sebanyak sembilan orang, yaitu konsumen maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah konsumen merasa puas pada pelayanan yang telah dilakukan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan loyalitas konsumen pada maskapai ini telah mencapai pada tahapan tertinggi yaitu Partners. Dimana konsumen sampai pada mau menolak menggunakan maskapai lain demi menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Selain itu, riset kepuasan yang telah dilakukan oleh Public Relations Garuda Indonesia sebagai bentuk evaluasi perusahaan telah efektif dilakukan. Kesimpulannya adalah dengan adanya citra dan reputasi perusahaan yang baik, maka akan meningkatkan profit perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya kesinambungan antara nilai positif, kepuasan, citra, dan loyalitas konsumen pada perusahaan tersebut. Karena dengan adanya nilai positif konsumen pada perusahaan, maka dengan sendirinya tercipta kepuasaan pelanggan serta citra positif perusahaan. Dan pada akhirnya konsumen akan mau menggunakan kembali produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, baik berupa barang maupun jasa. Dan dengan banyaknya orang yang mau menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut, maka profit perusahaanpun akan meningkat. Maka dari itu sebaiknya setiap perusahaan terutama yang bergerak dibidang jasa maskapai penerbangan, sebaiknya akan selalu melakukan evaluasi kinerja perusahaan, karena sekecil apapun kesalahan perusahaan dalam memberikan pelayanan, maka akan menimbulkan perubahan nilai pada perusahaan tersebut, yang kemudian akan menjadi kehilangan kepercayaan pada maskapai tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 01:54 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 01:54 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |