UMM Institutional Repository

TINJAUAN TERHADAP PENANGGULANGAN PENGEMIS ANAK OLEH PEMERINTAH KOTA MALANG (Study di Disnakersos dan Satpol PP Kota Malang)

ARPANI, (2013) TINJAUAN TERHADAP PENANGGULANGAN PENGEMIS ANAK OLEH PEMERINTAH KOTA MALANG (Study di Disnakersos dan Satpol PP Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arpani0640-31570-1-pendahul-n.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arpani0640-31570-2-babi.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pengemis anak merupakan salah satu masalah sosial di perkotaan. Tanggung jawab pengelolaan pengemis anak ini terletak di tangan Satpol PP dan Disnakersos. Penulis disini tertarik untuk menganalisis penanggulangan pengemis anak oleh Disnakersos dan Satpol PP di Kota Malang sebagai salah satu kota metropolitan Jawa Timur. Rumusan Masalah yang disampaikan penulis adalah: (1) Sejauh mana penanggulangan terhadap pengemis anak oleh DISNAKERSOS dan SATPOL PP Kota Malang (2) Apa keterlibatan Satpol PP dalam penanganan penertiban pengemis anak berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi, Susunan Organisasi, Pakaian Dinas, Perlengkapan dan Peralatan Satuan Polisi Pamong Praja? Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Penelitian menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam mengolah data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa efektivitas penanggulangan pengemis anak dapat dilihat dari pembuat peraturan, Walikota Malang ; substansi undang-undang, Keputusan Walikota Malang nomor : 188.45/88/35.73.112/2011 Tentang Komite Penanganan Penyadang Masalah Kesejahteraan Sosial; pelaksana sanksi, dalam hal ini Satpol PP; dan masyarakat dalam lingkup undang-undang tersebut berlaku. Dalam hal ini, penanggulangan kurang efektif karena berbagai hambatan yang timbul. Keterlibatan Satpol PP dalam mengatasi pengemis anak di wilayah Kota Malang tersebut adalah : (1) Melakukan patroli ke seluruh wilayah kota Malang; (2) Melakukan pengawasan pada titik-titik penting transportasi; (3) Berupaya melaksanakan tugas secara efektif dengan personel yang terbatas ; (4) Melakukan sosialisasi terhadap upaya penanggulangan terhadap pengemis anak kepada masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:53
Last Modified: 26 Apr 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28115

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo