UMM Institutional Repository

PENANGANAN PELANGGARAN ETIKA PROFESI POLISI OLEH SATUAN PROFESI DAN PENGAMANAN (PROPAM) (Studi di Satuan Propam Polres Wilayah Kota Batu)

FAUZI, RIZAL ACHMAD (2013) PENANGANAN PELANGGARAN ETIKA PROFESI POLISI OLEH SATUAN PROFESI DAN PENGAMANAN (PROPAM) (Studi di Satuan Propam Polres Wilayah Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalachma-31615-1-pendahul-n.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalachma-31615-2-babi.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Kepolisian memiliki kode etik tersendiri untuk dipatuhi oleh anggotanya dalam melaksanakan wewenang kepolisan. Bila terjadi pelanggaran terhadap kode etik, Divisi Propam adalah yang berwenang melakukan penyidikan mengenai pelanggaran kode etik tersebut serta keputusan sanksi kemudian dilimpahkan ke Mahkamah Kode Etik. Penulis tertarik meneliti tentang pelanggaran kode etik polisi di wilayah hukum Polres Kota Batu. Rumusan Masalah yang disampaikan penulis adalah: (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk pelanggaran etika profesi polisi di wilayah hukum Polres Kota Batu selama tahun 2010-2012? (2) Apakah hambatan yang dialami Satuan Propam dalam penanganan pelanggaran etika profesi oleh polisi pada Polres Kota Batu selama tahun 2010-2012? Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Penelitian menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam mengolah data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk pelanggaran etika profesi polisi di wilayah hukum Kota Batu adalah pelanggaran lalu lintas, pelanggaran disiplin, dan pelanggaran pidana. Sedangkan hambatan dalam menangani pelanggaran kode etik profesi untuk kepolisian dalam wilayah hukum Polres Kota Batu antara lain adalah struktur birokrasi dalam pelanggaran kode etik bertingkat, terbatasnya jumlah personil, minimnya sarana/prasarana Satuan Propam Polres Kota Batu, dan kurangnya kerjasama dengan masyarakat dalam kaitannya dengan pelaporan untuk tindakan anggota kepolisian yang melanggar kode etik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:47
Last Modified: 26 Apr 2016 01:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo